Tak perlu dijemur, ini trik mengusir kutu beras agar aman dimasak cuma pakai 1 bahan minuman

Tak perlu dijemur, ini trik mengusir kutu beras agar aman dimasak cuma pakai 1 bahan minuman
Instagram/@rumahdhiba

Hama kutu beras merupakan masalah yang sering dihadapi banyak orang saat menyimpan beras di rumah. Serangga kecil ini dapat berkembang biak dengan cepat dan merusak kualitas beras. Selain membuat beras terlihat kotor, kehadiran kutu juga dapat memengaruhi rasa dan aroma beras saat ditanak.

Masalah ini sering kali timbul karena cara penyimpanan yang kurang tepat. Kutu beras cenderung berkembang biak di lingkungan yang lembap dan hangat, serta pada beras yang sudah lama disimpan. Kondisi ini memungkinkan mereka tumbuh dengan cepat, sehingga dalam waktu singkat, seluruh stok beras bisa dipenuhi kutu. Akibatnya, beras tidak hanya rusak, tapi juga tidak layak untuk dikonsumsi.

Walaupun begitu, beras yang penuh dengan kutu bukan berarti tidak bisa dikonsumsi. Kamu tetap bisa mengonsumsinya asalkan kutu dalam beras dibersihkan terlebih dahulu. Salah satu cara paling umum dalam mengusir kutu adalah dengan menjemur beras di bawah sinar matahari. Panas dari sinar matahari bisa membuat kutu beras pergi atau bahkan mati begitu saja.

Namun masalah lainnya, kutu beras yang mati biasanya akan terperangkap dalam beras. Dengan begitu, kamu tetap perlu mengambilnya satu per satu untuk membersihkan kutu. Bagi beberapa orang, cara ini cenderung merepotkan dan butuh banyak waktu.

Nah, agar lebih praktis, kamu bisa meniru trik yang dibagikan pengguna Instagram @rumahdhiba dala mengusir kutu beras. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan satu bahan minuman untuk mengusir kutu beras. Bahan minuman ini dapat membuat kutu pergi dan beras layak dikonsumsi lagi.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @rumahdhiba pada Kamis (5/9), bahan minuman yang dimaksud adalah kopi bubuk. Supaya lebih aman, kamu bisa menggunakan kopi bubuk murni. Jadi, bukan kopi yang mengandung gula atau krimer supaya tidak mengundang hama lain untuk datang.

 


(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya