Tak perlu buru-buru dibuang, ini trik atasi gulai yang hampir basi jadi segar lagi pakai 1 bahan dapur

Tak perlu buru-buru dibuang, ini trik atasi gulai yang hampir basi jadi segar lagi pakai 1 bahan dapur
foto: TikTok/@melizah615

Brilio.net - Penggemar hidangan berkuah biasanya sulit menolak jika ada gulai di meja makan. Gulai bisa dibuat dari berbagai bahan, mulai dari daging sapi, ayam, daging kambing, tahu, cumi, tempe, dan lain sebagainya. Gulai umumnya dibuat menggunakan tambahan santan, sehingga rasanya semakin gurih dan kuahnya kental.

Namun, sudah jadi rahasia umum kalau hidangan bersantan seperti gulai cepat basi. Makanya gulai sebaiknya segera dihabiskan usai disajikan. Nantinya, jika masih ada sisa gulai yang tak habis dimakan, langsung simpan di dalam kulkas agar tetap segar. Biasanya, gulai bisa bertahan di kulkas selama 2 sampai 3 hari.

Nah, ada kalanya sejumlah orang lupa memasukkan gulai ke dalam kulkas, alhasil gulai berubah jadi hampir basi. Tanda gulai hampir basi bisa diamati dari aroma dan rasanya yang berubah jadi cenderung asam. Meski begitu, gulai yang hampir basi masih bisa diselamatkan, kok. Jadi, jangan buru-buru dibuang, ya.

Salah seorang warganet dengan akun TikTok @melizah615 punya trik rahasia untuk atasi gulai yang hampir basi, nih. Ia menjelaskan, kamu cuma butuh satu bahan dapur untuk mengembalikan gulai hampir basi jadi segar lagi.

Warganet yang akrab disapa Melizah menjelaskan, trik atasi gulai hampir basi jadi segar lagi ini dilakukan dengan teknik rebus. Siapkan dulu semua gulai di dalam panci, lalu panaskan di atas api kompor sedang sampai mendidih.

Kemudian, taburi gulai dengan sedikit baking soda. Yup, baking soda inilah bahan dapur utama untuk mempraktikkan trik atasi gulai yang hampir basi agar segar lagi. Usai baking soda masuk, aduk gulai hingga rata, lalu masak selama beberapa saat.

Tak perlu buru-buru dibuang, ini trik atasi gulai yang hampir basi jadi segar lagi pakai 1 bahan dapur

foto: TikTok/@melizah615

Namun, kalau kamu nggak punya stok baking soda di rumah, nggak perlu pergi ke pasar dulu untuk membelinya, karena masih ada alternatif bahan lain, yakni bawang putih.

"Cara kedua pakai bawang putih yang digeprek," timpal pemilik akun TikTok @melizah615, dikutip BrilioFood pada Rabu (19/6).

Triknya hampir mirip dengan sebelumnya, yakni rebus dulu gulainya sampai mendidih, baru masukkan bawang putih geprek. Aduk dan masak terus selama beberapa menit, baru sajikan.

Tak perlu buru-buru dibuang, ini trik atasi gulai yang hampir basi jadi segar lagi pakai 1 bahan dapur

foto: TikTok/@melizah615

Wah, mulai sekarang nggak perlu khawatir lagi saat menemui stok gulai di rumah hampir basi, kan? Mengintip kolom komentar di unggahan TikTok @melizah615 yang sudah ditonton 275 ribu kali, tak sedikit warganet terinspirasi dengan trik ini, lho. Di sisi lain, ada pula yang membagikan trik lain seputar mengatasi masakan hampir basi.

"Baru coba tadi, baru aja sehari bikin opor lupa manasin eh hampir asem, pake cara dikasih bawang alhamdulillah fresh kembali thank you ilmunya," tutur TikTok @Delima Monterina.

"kalau aku dicuci ayamnya trus digoreng lgsng ludes ," sebut TikTok @EmiL234.

"kalo yg ga berkuah gimana cara angetinnya? ex ayam panggang/bakar/goreng. soalnya xo dgoreng jd keras ga enak lg," tanya TikTok @bintarinawanti dan dibalas oleh pengguna akun TikTok @ANDALAS, "kukus dulu trs di goreng lg."

@melizah615 bismillah semoga tips ini bisa membantu kamu #tipsandtricks #lifehacks #cookinghacks #kitchenhacks #fyp suara asli - melizah21

(brl/jad)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya