Tak direndam cuka, trik wanita bersihkan burner kompor ini bikin kinclong lagi pakai 2 bahan sederhana

Tak direndam cuka, trik wanita bersihkan burner kompor ini bikin kinclong lagi pakai 2 bahan sederhana
Instagram/@zandessy

Brilio.net - Burner merupakan salah satu komponen vital pada kompor yang berfungsi sebagai sumber utama api untuk memasak. Burner bekerja dengan cara mencampurkan gas dengan udara sehingga menghasilkan api yang stabil dan dapat dikontrol intensitasnya. Jika burner tidak berfungsi dengan baik, proses memasak bisa terganggu dan bahkan berisiko menimbulkan bahaya.

Namun, seperti halnya perangkat lain, burner kompor juga tidak terlepas dari berbagai masalah yang dapat memengaruhi kinerjanya. Salah satu masalah umum yang terjadi pada burner kompor adalah nyala apinya kecil atau tidak stabil. Hal ini biasanya disebabkan karena adanya penyumbatan di lubang burner yang akan memengaruhi aliran gas.

Penyumbatan di burner kompor umumnya terjadi karena ada kotoran pada bagian tersebut. Oleh sebab itu, burner memang harus dibersihkan secara rutin untuk membuat aliran gasnya lebih lancar. Sayangnya, banyak orang mengabaikan perawatan burner kompor sampai tampilannya jadi hitam dan berkerak.

Nah, untuk membersihkan burner kompor yang hitam dan berkerak, sejumlah orang biasanya akan menggunakan bahan dan cara khusus. Misalnya dengan merendam burner kompor dalam air cuka. Usut punya usut, kandungan asam pada cuka bisa melunakkan noda dan kerak.

Namun tahu nggak sih, ada bahan lain yang lebih ampuh dalam membersihkan burner kompor agar kembali kinclong seperti baru. Bahan ini pernah digunakan oleh wanita pemilik akun Instagram @zandessy. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya mengandalkan dua bahan sederhana saat hendak membersihkan burner kompor ini.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya