Tak direndam air panas, cara atasi karet pintu kulkas longgar agar rapat lagi tanpa perlu dibongkar

Tak direndam air panas, cara atasi karet pintu kulkas longgar agar rapat lagi tanpa perlu dibongkar
YouTube/WIJAYA ELEKTRONIK

Brilio.net - Nggak bisa dipungkiri kalau saat ini kulkas jadi alat elektronik yang sangat penting. Lemari pendingin ini berfungsi sebagai wadah untuk menyimpan stok makanan dan minuman agar tetap segar dan tahan lama. Mengingat fungsinya yang sangat krusial, sebagian orang bahkan memiliki kulkas lebih dari satu.

Namun seiring berjalannya waktu, kulkas bisa mengalami kerusakan. Salah satunya adalah karet pintu kulkasnyanggak bisa tertutup rapat. Kalau pintu kulkas sudah longgar, udara dari luar bisa masuk ke dalam meski sudah ditutup. Kulkas pun nggak bisa berfungsi dengan maksimal.

Ketika terlanjur longgar, sejumlah orang langsung membongkar karet pintu kulkas tersebut. Setelah itu, karet pintu kulkas direndam air panas selama beberapa saat. Dengan begitu, tekstur karet pintu kulkas yang awalnya kaku jadi lentur dengan sendirinya.

Kalau sudah lentur, tinggal pasang kembali karet pintu kulkas ke posisi semula. Karena karet telah lentur, bisa dibentuk, dan pas dengan ukuran kulkas. Dengan begitu, nggak ada lagi ruang yang tersisa sehingga pintu kulkas bisa tertutup rapat.

Tapi nggak melulu harus dibongkar, ternyata ada cara yang lebih praktis untuk mengatasi karet pintu kulkas yang longgar. Cara ini sempat ditunjukkan oleh pengguna YouTube WIJAYA ELEKTRONIK. Di awal video, ia memperlihatkan kondisi kulkas yang karet pintunya longgar.

"Ini karet pintunya sudah bengkok dan berbelok seperti ini. Jadinya kalau ditutup, yang atas rapat tapi dari sini tidak bisa rapat," ujarnya, dikutip BrilioFood dari YouTube WIJAYA ELEKTRONIK pada Kamis (28/3).

Tak direndam air panas, cara atasi karet pintu kulkas longgar agar rapat lagi tanpa perlu dibongkar

foto: YouTube/WIJAYA ELEKTRONIK

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya