Tak dibungkus kertas tisu, cara simpan mentimun agar tetap segar hingga 1 bulan pakai 1 alat sederhana

Tak dibungkus kertas tisu, cara simpan mentimun agar tetap segar hingga 1 bulan pakai 1 alat sederhana
Instagram/@rumahsachibii

Brilio.net - Mentimun atau timun kerap dikonsumsi sebagai lalapan, dibikin acar, salad, asinan, dan banyak lainnya. Selain enak, timun bisa pula melegakan dahaga karena mengandung banyak air.

Timun juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, lho. Dilansir dari healthline.com, timun mengandung asam folat, vitamin C, kalium, vitamin K, magnesium, dan air. Apabila rutin dikonsumsi, kandungan timun dapat mencegah dehidrasi, menurunkan tekanan darah, mengurangi keriput, hingga memperkuat rambut dan kuku.

Karena memiliki rasa segar dan tekstur renyah, banyak orang sengaja menyimpan timun. Namun, kalau kamu meletakkan timun di suhu ruang, cuma bisa bertahan hingga 7 hari, lho. Oleh sebab itu, tak sedikit orang menyimpan timun di kulkas. Kendati demikian, timun yang disimpan di kulkas justru cepat mengerut cuma berkisar 5 hari malahan.

Nah, ada pula yang menyiasatinya dengan membungkus mentimun menggunakan kertas tisu baru dimasukkan kulkas. Kertas tisu dapat membantu permukaan mentimun tetap kering, sehingga mencegahnya berubah lembek serta ditumbuhi jamur.

Di sisi lain, tanpa dibungkus kertas tisu pun sebenarnya ada cara lain untuk menyimpan timun supaya awet segar. Cara ini sempat dibagikan oleh pengguna Instagram @rumahsachibii. Melalui video yang diunggah, ia menjamin timun akan tetap segar, berwarna hijau cerah, dan awet hingga 1 bulan lamanya.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya