Tak banyak yang tahu, trik meningkatkan rasa manis buah mangga ini cukup pakai 1 bumbu dapur

Tak banyak yang tahu, trik meningkatkan rasa manis buah mangga ini cukup pakai 1 bumbu dapur
foto: freepik.com

Brilio.net - Mangga termasuk salah satu buah tropis yang tersebar di sebagian besar wilayah Indonesia. Bahkan kamu bisa dengan mudah menemukan tanaman ini di halaman rumah seseorang. Memang, banyak orang menanam mangga karena pohonnya yang teduh dan bisa menghasilkan banyak buah untuk dikonsumsi.

Di antara banyak jenisnya, buah mangga yang memiliki rasa manis paling banyak diburu. Jenis buah mangga seperti harum manis, manalagi, hingga mangga Indramayu dikenal dengan rasa manisnya yang khas. Walaupun memiliki rasa manis alami, namun terkadang, buah yang dijual di pasaran cenderung terasa hambar karena dipanen sebelum waktunya.

Namun tahu nggak sih? Ada sebuah cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan rasa manis pada mangga ini. Seorang pengguna Instagram @adaah_earth pernah membagikan cara meningkatkan rasa manis pada mangga dengan bahan sederhana yang ada di dapur. Dilansir BrilioFood dari Instagram @adaah_earth pada Sabtu (20/7), bahan dapur yang dimaksud adalah garam.

Ya, garam bisa menjadi penguat rasa alami yang akan membuat buah mangga semakin manis. Selain itu, kadar asam pada mangga juga bisa berkurang, sehingga rasa manisnya jadi lebih dominan. Cara pengaplikasiannya juga cukup mudah. Sebelum diberi garam, siapkan wadah besar berisi air untuk merendam mangga.

Tak banyak yang tahu, trik meningkatkan rasa manis buah mangga ini cukup pakai 1 bumbu dapur

foto: Instagram/@adaah_earth

Di tahap ini, sebaiknya rendam mangga selama 15-30 menit untuk menghilangkan pestisida dan insektisida. Dengan begitu, buah mangga jadi lebih aman dikonsumsi nantinya. Setelah direndam di tahap pertama ini, angkat dan tiriskan mangga. Jika sudah, gosok perlahan permukaan mangga dengan telapak tangan untuk menghilangkan sisa kotoran yang masih menempel. Setelah itu bilas di bawah air mengalir.

Tak banyak yang tahu, trik meningkatkan rasa manis buah mangga ini cukup pakai 1 bumbu dapur

foto: Instagram/@adaah_earth

Nah, tahap kedua, siapkan lagi air bersih dalam baskom atau wadah besar. Lalu beri sedikit garam dan aduk-aduk sampai larut. Jika sudah, masukkan buah mangga yang sudah dibilas tadi dan rendam selama 5-10 menit saja. Sebaiknya hindari merendam buah mangga dalam air garam terlalu lama karena dagingnya bisa lembek.

Jika sudah, angkat dan kupas mangganya untuk dikonsumsi. Untuk hasil maksimal, sebaiknya lakukan proses ini saat buah mangga hendak dikonsumsi. Hindari merendam buah mangga jika masih akan disimpan. Dengan begitu, buah akan tetap segar dan terasa lebih manis.

Unggahan tentang trik mengonsumsi buah mangga ini telah ditonton lebih dari 2,9 juta kali di Instagram. Nggak heran jika kemudian video ini menuai atensi warganet. Bahkan tidak sedikit pengguna Instagram lain yang memberikan tanggapan secara langsung di kolom komentar.

"Thank you for the information (terima kasih informasinya)," ujar Instagram @royalspicenl.

"Keep up the excellent work of sharing valuable insights with us (terus berbagi pengetahuan penting yang menambah wawasan, ya)", tulis akun Instagram @lyfngo.

"For how long before consumption should we soak mangoes? (direndam berapa lama sebelum dikonsumsi)," tanya akun Instagram @naugdeepkss.

"30mins is enough (sekitar 30 menit cukup)," jawab pengguna Instagram @rajeshyemula.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya