Tak ada kuningnya, telur rebus ini bikin geger, begini penyebabnya

Tak ada kuningnya, telur rebus ini bikin geger, begini penyebabnya
X/@tsudajunko;X/@Ritta_wander

Brilio.net - Telur bisa dimasak menjadi aneka menu. Selain rasanya enak, telur pun juga tinggi gizi. Salah satunya dapat dibikin telur rebus. Biasanya telur rebus memiliki tekstur kenyal, saat dibelah, bagian tengahnya akan tampak berwarna kuning.

Kuning dan putih telur memang komponen utama yang tidak bisa terpisahkan. Namun bagaimana jika kamu mendapati warna kuning telur yang berubah jadi putih? Baru-baru ini, dunia kuliner dihebohkan oleh temuan unik berupa telur rebus tanpa kuning.

Hal tersebut diketahui melalui unggahan di X (Twitter) oleh seorang wanita Jepang bernama Tsuda Junko. Warganet tersebut menunjukkan foto telur rebus yang tampak aneh dengan warna kuning yang hampir tidak terlihat. Yup, pada telur rebus yang dibelah, dia justru melihat seluruh isinya benar-benar berwarna putih.

Dilansir BrilioFood dari odditycentral.com pada Jumat (27/9), telur ini pada dasarnya dikenal sebagai ‘Shirotama,’ yakni telur yang berasal dari Peternakan Horticultural Nakamura di Itoman City, Okinawa, Jepang. Menariknya, proses pemeliharaan ayam yang menghasilkan telur ini melibatkan pemberian pakan khusus, yaitu menggunakan nasi. Kombinasi pakan ini diduga menyebabkan kuning telur menjadi berwarna putih saat dimasak, sehingga menghasilkan telur rebus yang unik dan menarik perhatian banyak orang.

Tak ada kuningnya, telur rebus ini bikin geger, begini penyebabnya

foto: X/@tsudajunko

Banyak orang kemudian penasaran tentang keunikan cara pembuatan dan penggunaan telur Shirotama dalam masakan. Biasanya, telur ini sering digunakan untuk membuat omurice (nasi telur) putih dan tamagoyaki, dua hidangan khas Jepang yang terkenal lezat. Namun di balik itu, tidak sedikit juga orang yang mulai mempertanyakan tentang nutrisi dan kualitas telur tanpa kuning ini dalam dunia masakan.

Telur pada umumnya dikenal sebagai sumber protein yang baik, namun kehadiran telur Shirotama menimbulkan pertanyaan baru tentang nilai gizi dan manfaatnya. Pasalnya, kuning telur kaya vitamin dan mineral, termasuk vitamin D, B12, serta kolin yang penting untuk kesehatan otak. Namun tanpa kuning telur, pertanyaan tentang seberapa banyak nutrisi yang hilang menjadi perhatian utama bagi konsumen yang ingin mengonsumsi makanan sehat.

Tak ada kuningnya, telur rebus ini bikin geger, begini penyebabnya

foto: X/@Ritta_wander

Lalu, apakah dengan berubahnya warna kuning telur bisa mengubah nutrisi di dalamnya?

Pada dasarnya, telur Shirotama memiliki kandungan nutrisi yang sama padatnya dengan telur pada umumnya. Hanya karena berubah warna, bukan berarti teksturnya juga berubah. Bagian tengah telur rebus ini sama dengan telur pada umumnya yang berwarna kuning. Teksturnya cenderung padat dan mudah hancur ketika ditekan.

Dilansir dari thespruceeats.com, yolk atau bagian tengan telur memang memiliki berbagai macam warna di dunia. Nah, perbedaaan ini bisa disebabkan oleh jenis pakan dan lingkungan tempat ayam tersebut diternakkan. Seperti halnya di Afrika, ayam yang diternak biasanya diberi pakan sorgum dan biji-bijian. Hal tersebut lantas membuat pigmentasi kuning telur jauh lebih sedikit dibandingkan ayam yang diberi pakan jagung seperti di Indonesia.

Nah, ayam yang diberi pakan sorgum dan biji-bijian memiliki kuning telur yang lebh terang warnanya. Hal ini tentu akan berbeda pula di negara Amerika, di mana kuning telur umumnya memiliki warna jingga darah atau bahkan hampir kemerahan. Biasanya ayam di wilayah tersebut diberi pakan biji annatto yang berwarna merah.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya