Suka ngerjain tugas pakai sistem SKS? 9 camilan sehat ini wajib dikonsumsi biar tubuh tak tumbang

Suka ngerjain tugas pakai sistem SKS? 9 camilan sehat ini wajib dikonsumsi biar tubuh tak tumbang
foto: pexels.com/Karolina Kaboompics

Brilio.net - Suka ngerjain tugas pakai sistem kebut semalam alias SKS? Biasanya orang yang menggunakan sistem ini akan mengerjakan tugas atau belajar di malam hari menjelang hari H, dengan tujuan menyelesaikan segala pekerjaan secara mendalam dalam waktu singkat. Misalnya, saat mendekati ujian, mereka akan menyisihkan waktu semalam suntuk untuk menghafal materi atau menyelesaikan tugas yang menumpuk.

Namun, kebiasaan ini bisa membawa efek samping yang kurang menyenangkan. Kurang tidur dan stres akibat begadang bisa membuat tubuh lelah dan mudah sakit. Selain itu, pola makan yang buruk saat melakukan SKS, seperti sering mengonsumsi camilan tidak sehat atau minuman berkafein, bisa memperburuk kondisi kesehatan tubuh. Akibatnya, bukannya mendapatkan hasil maksimal, kamu justru berisiko merasa lemas dan tidak fokus.

Untuk mengatasi dampak negatif tersebut, penting untuk menjaga kesehatan tubuh dengan camilan sehat. Camilan sehat bisa memberikan energi yang dibutuhkan tubuh tanpa menambah beban pada sistem pencernaan. Pilihan camilan seperti buah-buahan segar, kacang-kacangan, atau yogurt dapat memberikan asupan gizi dan energi yang stabil, serta membantu menjaga stamina saat begadang. Dengan begitu, tubuh tetap fit dan siap menghadapi tantangan meskipun jadwal padat.

Jadi, jika kamu adalah salah satu yang suka ngerjain tugas dengan sistem SKS, jangan lupakan pentingnya camilan sehat. Camilan ini bukan hanya sekadar makanan, tapi juga bagian dari strategi menjaga kesehatan dan performa tubuh. Dengan asupan gizi yang tepat, kamu bisa lebih siap dan bugar dalam menghadapi segala tugas dan ujian yang datang.

BrilioFood lansir dari berbagai sumber, berikut camilan sehat yang wajib dikonsumsi biar tubuh tak tumbang saat ngerjain tugas secara SKS pada Jumat (6/9).

1. Kacang almond.

Kacang almond adalah camilan sehat yang kaya akan vitamin E, magnesium, dan serat. Vitamin E bertindak sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan, sementara magnesium berperan dalam fungsi otot dan saraf, serta mengurangi stres.

Serat dalam almond membantu menjaga kesehatan pencernaan dan memberikan rasa kenyang lebih lama. Camilan ini juga dapat memberikan dorongan energi yang stabil tanpa lonjakan gula darah yang tiba-tiba, yang penting saat kamu membutuhkan fokus dan stamina ekstra selama begadang.

2. Buah pisang.

Suka ngerjain tugas pakai sistem SKS? 9 camilan sehat ini wajib dikonsumsi biar tubuh tak tumbang

foto: pexels.com/Luis Quintero

Pisang adalah pilihan camilan sehat lainnya yang sangat mudah ditemukan di pasar tradisional. Buah ini mengandung potassium yang tinggi untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan mencegah kram otot.

Selain itu, pisang juga kaya akan vitamin B6 yang berperan dalam produksi neurotransmiter yang mendukung fungsi otak dan suasana hati. Kandungan gula alami dalam pisang memberikan energi cepat tanpa menyebabkan lonjakan gula darah yang dapat membuat kamu merasa lelah setelahnya.

3. Kacang kedelai.

Kacang kedelai adalah sumber protein nabati yang sangat baik dan mengandung berbagai nutrisi penting seperti asam lemak omega-3, vitamin B kompleks, dan mineral seperti zat besi dan kalsium. Protein dalam kedelai membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh serta mendukung kesehatan otot.

Asam lemak omega-3 berperan dalam kesehatan otak dan jantung, sedangkan vitamin B kompleks membantu mengatasi kelelahan dan meningkatkan energi. Camilan kedelai, seperti tempe atau tahu, sangat ideal untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar saat begadang.

4. Yogurt.

Suka ngerjain tugas pakai sistem SKS? 9 camilan sehat ini wajib dikonsumsi biar tubuh tak tumbang

foto: pexels.com/Ella Olson

Yogurt adalah camilan yang mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan. Probiotik membantu menjaga keseimbangan bakteri baik di usus, yang berkontribusi pada sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat.

Selain itu, yogurt juga mengandung protein, kalsium, dan vitamin B12 yang penting untuk energi dan kesehatan tulang. Pilihlah yogurt rendah gula atau tanpa tambahan pemanis untuk mendapatkan manfaat maksimal tanpa menambah kalori berlebih.

5. Buah apel.

Apel adalah camilan yang kaya akan serat dan vitamin C. Serat dalam apel membantu menjaga pencernaan yang sehat dan memberikan rasa kenyang lebih lama. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang mendukung sistem kekebalan tubuh dan membantu mengurangi stres oksidatif. Camilan apel juga mudah dibawa dan dimakan, sehingga praktis untuk menemani sesi belajar malam hari.

6. Kacang mete.

Kacang mete mengandung banyak nutrisi penting, termasuk tembaga, magnesium, dan zat besi. Tembaga membantu dalam produksi sel darah merah dan menjaga kesehatan jantung, sementara magnesium berperan dalam relaksasi otot dan menjaga kestabilan energi. Kacang mete juga merupakan sumber protein dan lemak sehat yang dapat memberikan energi tahan lama. Camilan ini bisa membantu menjaga konsentrasi dan mencegah kelelahan saat begadang.

7. Biji chia.

Suka ngerjain tugas pakai sistem SKS? 9 camilan sehat ini wajib dikonsumsi biar tubuh tak tumbang

foto: pexels.com/Bruno Scramgnon

Biji chia merupakan sumber omega-3, serat, dan protein yang sangat baik. Omega-3 berperan dalam kesehatan otak dan jantung, sedangkan serat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mengatur kadar gula darah. Protein dalam biji chia mendukung pemulihan otot dan energi berkelanjutan. Camilan ini dapat dikonsumsi dalam bentuk pudding chia atau dicampurkan ke dalam yogurt atau smoothie untuk meningkatkan kandungan nutrisinya.

8. Keripik wortel.

Keripik wortel, jika dibuat dengan cara yang sehat dan tidak digoreng bisa dijadikan camilan yang kaya akan beta-karoten dan vitamin A. Beta-karoten penting untuk kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, keripik wortel yang dipanggang atau dikeringkan bisa menjadi alternatif camilan yang renyah dan rendah kalori, sehingga cocok untuk menjaga kebugaran saat begadang.

9. Buah jeruk.

Suka ngerjain tugas pakai sistem SKS? 9 camilan sehat ini wajib dikonsumsi biar tubuh tak tumbang

foto: pexels.com/Bruno Scramgnon

Jeruk adalah sumber vitamin C yang sangat baik dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi. Vitamin C juga membantu penyerapan zat besi dan mengurangi rasa lelah. Buah jeruk yang segar dan juicy juga memberikan hidrasi tambahan yang penting untuk menjaga energi dan konsentrasi saat kamu bekerja larut malam.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya