Stop sebelum menyesal, ternyata meletakkan bahan dapur ini di dekat kompor bikin celaka

Stop sebelum menyesal, ternyata meletakkan bahan dapur ini di dekat kompor bikin celaka
YouTube/Eddy Siswanto ; YouTube/Anggi Priyani

Brilio.net - Setiap orang punya cara masing-masing untuk menata stok bahan masakan di dapur. Misalnya stok minyak goreng, banyak orang memilih meletakkannya di dekat kompor agar lebih mudah dijangkau saat ingin digunakan. Padahal, meletakkan bahan dapur ini di dekat kompor berisiko celaka, lho.

Selain di dekat kompor, sebaiknya stok minyak goreng juga tak ditaruh di sekitar peralatan seperti oven, magic com, dan alat elektronik lain yang bisa mengeluarkan suhu panas. Hal ini berlaku pada berbagai jenis minyak goreng, mulai dari minyak sayur, sawit, zaitun, dan lain sebagainya.

Dilansir BrilioFood dari thesun.co.uk pada Kamis (6/6), salah satu dampak menaruh minyak di dekat kompor yaitu bisa menurunkan atau merusak kualitasnya. Lebih tepatnya, minyak goreng akan berubah rasa jadi tengik apabila terlalu sering terpapar sinar terang dan suhu panas dari kompor.

Stop sebelum menyesal, ternyata meletakkan bahan dapur ini di dekat kompor bikin celaka

foto: YouTube/Eddy Siswanto

Di samping itu, minyak goreng yang sudah mengalami penurunan kualitas juga berisiko berbahaya untuk kesehatan, lho. Dilansir dari chhs.colostate.edu, minyak yang kualitasnya menurun otomatis juga kehilangan banyak nutrisi. Bahkan, mengonsumsi makanan yang dimasak dengan minyak yang sudah rusak berisiko menyebabkan radikal bebas.

Tak hanya soal perubahan kualitas, menaruh stok minyak di dekat kompor juga berisiko menyebabkan kebakaran hingga ledakan lho, apalagi kalau memasang penutup wadah minyak tidak rapat. Saat tempat penyimpanan minyak tak sengaja tersenggol, tumpahan minyak yang mengenai kompor berisiko bencana seperti kebakaran hingga ledakan tersebut. Sudah seharunya kamu menghindari menyimpan atau peletakan yang salah sebelum menyesal.

Cara aman menyimpan stok minyak goreng di dapur.

Ada beberapa cara menyimpan minyak goreng di dapur agar tetap aman. Pertama, alih-alih pakai kemasan atau botol plastik, lebih baik kamu menaruhnya di dalam botol kaca.

Botol kaca dipercaya lebih kokoh dan bisa menjaga minyak dari paparan panas atau udara, sehingga minyak bisa lebih awet. Lalu, letakkan botol kaca berisi minyak tersebut di area yang kering dan jauh dari suhu panas.

Di sisi lain, stok minyak goreng juga sebaiknya ditaruh di tempat gelap yang jauh dari paparan sinar matahari. Dilansir dari fnbnews.com, minyak goreng akan lebih aman jika disimpan di suhu lebih rendah, sekitar 0 sampai 10 derajat celcius seperti di dalam kulkas.

Stop sebelum menyesal, ternyata meletakkan bahan dapur ini di dekat kompor bikin celaka

foto: YouTube/Pinky cuie ; YouTube/Anggi Priyani

Dilansir dari fryaway.co, meskipun sudah disimpan dengan baik, kamu juga sebaiknya memperhatikan keterangan kedaluwarsa minyak goreng. Sebaiknya minyak goreng segera dihabiskan sebelum tenggat waktu yang tertera.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya