Sering dikira sama, ini bedanya baking soda dan baking powder

Sering dikira sama, ini bedanya baking soda dan baking powder

Brilio.net - Buat kamu yang suka makan atau membuat kue, sepertinya sudah sering mendengar nama baking soda dan baking powder, tapi sudah tahu belum sih apa bedanya? Sebelum menggunakan kedua bahan ini saat ingin membuat kue, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu perbedaannya. Karena, kedua bahan ini kerap tertukar.

Nah, baking soda dan baking powder tersusun dari komponen yang berbeda, lho. Fungsi dari keduanya juga berbeda pula. Walaupun secara umum keduanya sama-sama digunakan sebagai bahan membuat kue dan roti agar lebih empuk dan enak saat dimakan.

Sering dikira sama, ini bedanya baking soda dan baking powder

foto: freepik.com

Seperti yang dilansir oleh brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (30/4), baking soda terbuat dari natrium atau sodium bikarbonat. Kandungan ini memiliki sifat basa yang jika berkombinasi dengan asam akan menghasilkan karbondioksida. Karbondioksida inilah yang akan membuat adonan kue mengembang.

Sementara itu, baking powder tidak secara keseluruhan dibuat dari natrium bikarbonat, ada tambahan zat lainnya seperti zat asam, pati, dan krim tartar. Sehingga, baking powder memiliki sifat lebih asam dan cocok sebagai campuran untuk membuat kue atau roti yang tidak mengandung bahan asam.

Sering dikira sama, ini bedanya baking soda dan baking powder

foto: freepik.com

Kalau baking soda sebaliknya, karena baking soda akan bereaksi lebih cepat untuk memproduksi karbon dioksida, sehingga lebih cocok untuk membuat makanan yang memiliki campuran asam seperti yogurt, keju, buttermilk, sour cream, dan lain-lain.

Kemudian, dari segi rasa, baking soda akan memberikan rasa pahit dan getir pada adonan kue atau roti jika tidak memperhatikan banyaknya. Sementara baking powder tidak akan terlalu mempengaruhi rasa makanan. Hal ini dikarenakan oleh kandungan basa pada baking powder yang telah ternetralisir oleh kandungan asam yang dicampurkan.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya