Segera atasi sebelum freon habis, ini cara melenturkan karet pintu kulkas kaku jadi rapat lagi

Segera atasi sebelum freon habis, ini cara melenturkan karet pintu kulkas kaku jadi rapat lagi
Instagram/@my_home_042

Brilio.net - Karet pintu kulkas berperan penting untuk menjaga suhu kulkas tetap stabil. Makanya penting untuk merawat karet pintu kulkas supaya kondisinya tak kaku. Pasalnya, saat kaku, karet pintu kulkas jadi tak bisa tertutup sempurna, sehingga suhu dingin dalam kulkas mudah keluar dan bikin freon bekerja lebih keras untuk mendinginkan kulkas.

Kondisi karet pintu kulkas tak rapat ini sebaiknya jangan dibiarkan, ya, sebab berisiko membuat freon cepat habis dan kulkas pun tak dingin lagi. Kalau sudah habis, freon perlu diisi ulang agar bekerja secara ideal lagi untuk mendinginkan kulkas. Nah, harga pengisian ulang freon ini bisa dibilang tak murah, lho.

Kamu bisa mengecek apakah kondisi karet pintu kulkas rapat dengan bantuan kertas. Caranya, buka dulu pintu kulkasnya, lalu selipkan selembar kertas dan tutup pintunya. Usai ditutup, coba tarik kertas tersebut secara perlahan, apabila kertas bisa dikeluarkan dengan mudah, bisa jadi karet pintu kulkasmu kaku.

Segera atasi sebelum freon habis, ini cara melenturkan karet pintu kulkas kaku jadi rapat lagi

foto: Instagram/@my_home_042

Nah, kalau kamu mendapati karet pintu kulkasmu kaku dan tak rapat, ada sejumlah cara untuk mengatasinya. Salah satu caranya dibagikan oleh pengguna akun Instagram @my_home_042. Dilansir BrilioFood dari akun Instagram @my_home_042 pada Rabu (19/6), cara melenturkan karet pintu kulkas kaku ini ampuh membuatnya bisa menutup rapat lagi mengandalkan satu alat.

Alat yang harus disiapkan untuk mempraktikkan cara melenturkan karet pintu kulkas yaitu hair dryer. Aplikasikan hair dryer ke seluruh permukaan karet pintu kulkas sampai teksturnya lentur lagi.

Jika karet pintu kulkas sudah terasa lentur, kamu bisa mengeceknya kembali dengan kertas apakah sudah atau belum rapat. Apabila karet pintu kulkas masih kaku, kamu bisa terus mengaplikasikan hair dryer sampai karet pintu kulkas benar-benar lentur.

Segera atasi sebelum freon habis, ini cara melenturkan karet pintu kulkas kaku jadi rapat lagi

foto: Instagram/@my_home_042

Gimana, praktis banget ya cara melenturkan karet pintu kulkas ini? Mengintip kolom komentar di unggahan Instagram @my_home_042, beberapa warganet tampak antusias mencoba cara ini ataupun membagikan alternatif cara lain.

"You can also soften it with oil (Kamu juga bisa melenturkannya dengan minyak)," tutur Instagram @toolsgadgets.

"Hot air or cold?! (Mode panas atau dingin?)" tanya Instagram @om_khalid_alhasawi dan mendapat respons dari pemilik video, "must be hot weather (Harus panas, ya)."

View this post on Instagram

A post shared by my_home_042 (@my_home_042)

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya