Rahasia panjang umur dan antipenuaan, ini 6 superfood untuk wanita yang wajib dikonsumsi setiap hari

Rahasia panjang umur dan antipenuaan, ini 6 superfood untuk wanita yang wajib dikonsumsi setiap hari
foto: freepik.com

Brilio.net - Menjaga kecantikan dan kesehatan tubuh sudah menjadi kesadaran sejumlah orang. Terlebih bagi wanita, meski usia terus bertambah mereka ingin penampilan kulitnya tetap terlihat mudah, yakni kencang. Tak heran jika sejumlah perawatan dilakukan. Mulai dari perawatan menggunakan skincare hingga mengandalkan teknologi canggih di klinik kecantikan. Pastinya ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Tidak ada yang salah dengan segala usaha itu. Selama mampu merogoh kocek dalam, maka itu sah-sah saja dilakukan. Namun jika terkendala biaya dan ingin memiliki kulit sehat dan awet muda, maka yang harus dilakukan adalah menjaga asupan makanan dan rutin olahraga. Bahkan mereka yang sudah melakukan perawatan mahal, jika tidak diimbangi dengan pola hidup sehat, maka akan percuma.

Sebab, apa yang kamu konsumsi hari ini menentukan kesehatan masa di masa depan, termasuk kualitas kesehatan kulit. Makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah makanan yang mengandung banyak nutrisi seperti vitamin, mineral, antioksidan hingga fitonutrien yang baik untuk kesehatan tubuh dan kulit. Superfood ini sebenarnya bisa kamu dapat dari makanan sederhana, bahkan untuk memperolehnya tidak membutuhkan biaya besar.

Manfaat dari mengonsumsi superfood secara rutin dapat membantu menjaga elastisitas kulit agar awet muda. Selain, makanan dengan nutrisi yang baik juga dapat menjaga kesehatan badan dari berbagai penyakit. Pasalnya bertambahnya usia, membuat organ-organ tubuh ikut menua dan sistem imun sebagai perisai tubuh juga tak sekuat dan seefektif saat masih usia muda. Makanya tubuh membutuh asupan gizi yang baik.

Berikut ulasan lengkap tentang 6 superfood untuk wanita yang wajib dikonsumsi setiap hari, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (6/6).

Superfood untuk wanita yang wajib dikonsumsi setiap hari, bantu cegah penuaan dini.

Rahasia panjang umur dan antipenuaan, ini 6 superfood untuk wanita yang wajib dikonsumsi setiap hari

superfood untuk wanita yang wajib dikonsumsi setiap hari
freepik.com

1. Strawberry.

Mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi seperti selenium, seng, lemak omega-3, dan vitamin A, C, dan E dapat membantu melindungi kulit dari dehidrasi, hilangnya elastisitas kulit, hingga lawan radikal bebas akibat sinar matahari.

Disadur dari laman Health, strawberry kaya akan zat yang bantu jaga kesehatan kulit seperti vitamin C, antosianin, asam fenolik, dan flavonoid.

Vitamin C sangat penting untuk kesehatan kulit, karena melindungi sel-sel kulit dari kerusakan oksidatif. Selain itu, vitamin C juga bantu produksi kolagen yakni protein utama dalam tubuh yang menjaga 75% dari kering kulit.

2. Alpukat.

Dilansir dari Medical News Today berdasarkan studi pada 2022 yang melibatkan 39 wanita untuk konsumsi alpukat setiap hari selama 8 minggu. Penelitian tersebut menemukan wanita yang konsumsi buah alpukat setiap hari dapat meningkatkan kekencangan dan elastisitas kulit.

Pasalnya alpukat menjadi sumber asam lemak tak jenuh tunggal yang baik seperti asam oleat sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, alpukat juga antioksidan, lutein, Vitamin A, E, B, folate, dan niacin.

3. Ikan berlemak.

Pada penelitian yang dilakukan Medical News Today tersebut juga menjelaskan bahwa kulit membutuhkan asam lemak omega-3 yang bisa ditemukan pada ikan salmon, sarden, ikan kembung, dan sejenis. Konsumsi ikan berlemak menjadi superfood untuk kulit karena kaya akan minyak ikan alami yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan, menenangkan kulit berjerawat, hingga menyembuhkan jerawat.

Nggak berhenti disitu saja, ternyata ikan berlemak juga sumber utama Vitamin E, vitamin ini baik untuk kesehatan kulit sehingga mengurangi peradangan sekaligus melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

4. Jahe.

Menurut Westerville Dermatology jahe sangat bermanfaat untuk kulit wajah. Sebab, jahe rempah-rempah yang memiliki kandungan antioksidan sekaligus antiinflamasi yang bantu mempercantik kulit serta menenangkan kulit. Kamu bisa olah jahe menjadi minuman ginger shoot dengan campuran buah lainnya.

5. Tomat.

Nggak ketinggalan, superfood lainnya yang baik untuk kulit adalah tomat. Tomat mengandung vitamin C dan beta karoten yang tinggi. Selain itu, buah ini juga kaya likopen. Zat ini terbukti mempunyai banyak manfaat untuk kulit wajah. Misalnya melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari serta bantu cegah pembentukan kerutan.

6. Kacang-kacangan.

Menyadur dari Westerville Dermatology, kacang-kacangan salah satu superfood yang baik untuk kulit sebab mengandung protein, isoflavon, antosianin, serta lemah rendah yang sangat dibutuhkan oleh kulit. Selain jaga kesehatan kecantikan, kacang-kacangan juga baik untuk menjaga kinerja organ tubuh tetap optimal.

Cara mencegah penuaan dini.

Rahasia panjang umur dan antipenuaan, ini 6 superfood untuk wanita yang wajib dikonsumsi setiap hari

superfood untuk wanita yang wajib dikonsumsi setiap hari
freepik.com

1. Konsumsi superfood atau makanan sehat lainnya.

Konsumsi buah-buahan dan sayur nggak cuma jaga kesehatan tubuh tetapi bantu kulit menjaga elastisitas kulit sehingga terhindar dari penuaan dini. Penting untuk menghindari tipe makanan junk food, gorengan, tinggi gula, garam, maupun karbohidrat yang berlebih.

2. Jangan lupa rutin olahraga.

Setelah jaga konsumsi makanan sehat, perlu juga melakukan aktivitas fisik. Ketika olahraga dapat membantu meningkat sirkulasi darah serta kekebalan tubuh sehingga kulit terlihat lebih awet muda.

3. Hindari alkohol dan merokok.

Rokok dan alkohol dua hal yang nggak cuma merusak kesehatan organ tubuh tetapi merusak kulit yakni dapat membuat wajah cepat menua, kusam, bahkan muncul kerutan.

4. Rutin cuci muka.

Cuci muka minimal 2 kali sehari, ketika cuci muka dapat membersihkan kulit dari kandungan berbahaya seperti debu, polusi, dan berbagai radikal bebas lainnya. Cuci muka pagi dan malam sebelum tidur supaya regenerasi kulit semakin maksimal.

5. Rutin pakai sunscreen dan pelembab.

Sunscreen bantu jaga kulit dari paparan sinar matahari sedangkan pelembab bantu menjaga kelembaban kulit sehingga mencegah kulit kering maupun pecah-pecah.

(brl/ola)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya