Pakai 2 bahan dapur, ini trik menanak nasi agar tak cepat basi dan menguning tanpa mengubah rasa

Pakai 2 bahan dapur, ini trik menanak nasi agar tak cepat basi dan menguning tanpa mengubah rasa
Instagram/@diidii_winfleur

Brilio.net - Menanak nasi menggunakan rice cooker menjadi kebiasaan sehari-hari bagi masyarakat. Alat ini tidak hanya memudahkan proses menanak nasi, tetapi juga memastikan bahwa nasi matang dengan sempurna dan tetap hangat hingga waktu makan tiba. Dalam kehidupan modern seperti sekarang, rice cooker menjadi pilihan praktis yang membantu menghemat waktu dan tenaga untuk kebutuhan rumah tangga.

Namun, meski sangat praktis, penggunaan rice cooker juga memiliki tantangan tersendiri, salah satunya adalah nasi yang mudah basi. Masalah ini seringkali terjadi ketika nasi dibiarkan terlalu lama di dalam rice cooker dalam mode pemanas. Meskipun rice cooker menjaga nasi tetap hangat, kondisi ini juga bisa menciptakan lingkungan yang ideal bagi pertumbuhan bakteri dan jamur, yang pada akhirnya menyebabkan nasi menjadi basi lebih cepat. Hal ini tentu menjadi kendala bagi keluarga yang terbiasa menyiapkan nasi dalam jumlah banyak untuk dikonsumsi sepanjang hari.

Lantas demi mengatasi masalah tersebut, kamu bisa meniru trik yang dibagikan pengguna Instagram @diidii_winfleur. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku menggunakan bahan tambahan saat menanak nasi agar tak cepat basi. Tak perlu khawatir, bahan tambahan ini tidak akan membuat rasa nasi berubah.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @diidii_winfleur pada Kamis (22/8), bahan tambahan yang digunakan adalah bawang putih dan air lemon. Kedua bahan ini bisa digunakan secara bersamaan atau terpisah. Keduanya memiliki fungsi yang sama, yakni untuk mencegah nasi jadi basi saat disimpan di rice cooker.

Pakai 2 bahan dapur, ini trik menanak nasi agar tak cepat basi dan menguning tanpa mengubah rasa

foto: Instagram/@diidii_winfleur

Cara pakainya, cuci bersih terlebih dahulu. Setelah itu, letakkan di inner pot atau panci rice cooker. Lalu tambahkan air dengan takaran yang biasa digunakan saat menanak nasi biasanya.

Selanjutnya, masukkan 1 siung bawang putih yang sudah dikupas atau sedikit perasan air lemon. Jika ingin hasilnya lebih maksimal, kamu bisa menggunakan kedua bahan ini secara bersamaan. Tak perlu khawatir rasa nasi akan berubah karena takaran yang digunakan sangat sedikit, sehingga nasi tetap netral rasanya.

Pakai 2 bahan dapur, ini trik menanak nasi agar tak cepat basi dan menguning tanpa mengubah rasa

foto: Instagram/@diidii_winfleur

Jika sudah diberi bahan tambahan, masak nasi seperti biasa sampai matang. Setelah matang, kamu bisa mengambil potongan bawang putih yang sudah matang. Atau jika suka, kamu bisa menghancurkannya dan mencampur bawang putih tersebut dengan nasi. Hal ini akan membuat nasi mengeluarkan aroma sedap.

Pakai 2 bahan dapur, ini trik menanak nasi agar tak cepat basi dan menguning tanpa mengubah rasa

foto: Instagram/@diidii_winfleur

Pada dasarnya, bawang putih dan air lemon dapat membantu mencegah nasi cepat basi karena keduanya memiliki sifat antibakteri dan antijamur alami yang efektif. Bawang putih mengandung senyawa allicin, yang dikenal memiliki kemampuan menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur, penyebab nasi menjadi basi. Ketika bawang putih dicampurkan ke dalam nasi saat dimasak, senyawa ini membantu mengurangi aktivitas mikroba yang dapat menyebabkan pembusukan nasi.

Sementara itu, air lemon mengandung asam sitrat yang juga memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Asam sitrat menciptakan lingkungan yang lebih asam, yang kurang kondusif bagi pertumbuhan bakteri dan jamur. Selain itu, keasaman dari air lemon dapat membantu menjaga pH nasi tetap rendah, yang secara alami memperlambat proses pembusukan.

Sejak diunggah pada Sabtu (17/8) lalu, video tentang trik menanak nasi ini telah ditonton lebih dari 20 ribu kali. Siapa sangka, banyak pengguna Instagram lain yang tertarik dan turut membanjiri kolom komentar dengan berbagai macam tanggapan. Sebagian orang mengaku sudah berhasil menerapkan trik tersebut.

"Saya yg pake jeruk nipis. Alhamdulillah berhasil. Jd selalu stok jeruk nipis," papar Instagram @kamelia_cozykitchen.

"Kmrn sempet tuh masak nasi ga lama basi.. jadi nya masak nasi buat sekali makan.. rempong ampun mau coba cara ini, semoga nasi aman ga cepet basi," sahut Instagram @mamiemanda.

"Agree... Baput juga bisa membuat nasi yg kita masak gak lengket sama teflon magicom nya kak," tulis akun Instagram @wulanfajrin212.

"Perasan jeruk nipis atw daun pandan jg bagus, dan klo pake rice cooker kalo nasinya sdh mateng cabut kabelnya dan buka tutupnya spy uapnya kluar Insya Allah ga bakalan basi," komentar Instagram @erma_erma78.

"Pakai jeruk nipis ampuh," kata Instagram @dewianggraenitanjaya.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya