Mitos atau fakta, alat makan berbahan melamin bisa berbahaya?

Mitos atau fakta, alat makan berbahan melamin bisa berbahaya?
foto ilustrasi: freepik.com

Brilio.net - Umumnya, peralatan makan dibuat dari kaca, keramik, juga stainless steel. Namun, ada pula sejumlah alat makan yang dibuat dengan bahan melamin. Seperti piring, mangkuk, gelas, sendok, dan garpu. Namun, aman nggak ya untuk kesehatan jika digunakan? Atau malah berbahaya?

Melamin sudah banyak digunakan di negara-negara lain seperti Amerika dan China. Dilansir Brilio Food dari Food and Drug Administration melalui laman fda.gov pada Rabu (9/6), ada sebuah penelitian di China yang menguji apakah melamin aman untuk digunakan sebagai peralatan makan.

Mitos atau fakta, alat makan berbahan melamin bisa berbahaya?

foto: freepik.com

Penelitian menemukan bahwa kandungan berbahaya pada peralatan dengan bahan melamin bisa berpindah pada makanan, terutama pada suhu panas. Sehingga, disarankan untuk tidak memanaskan makanan yang ditaruh pada wadah yang menggunakan bahan melamin, karena bisa menimbulkan risiko berbahaya untuk kesehatan.

Risikonya jika kandungan berbahaya tersebut dikonsumsi, yaitu bisa menyebabkan gagal ginjal, batu ginjal, hingga kematian. Nah, ada beberapa kondisi tubuh yang bisa dilihat jika tubuh telah mengonsumsi melamin, misalnya ada darah pada urin, jumlah urin yang sangat sedikit, tekanan darah meningkat, dan lain-lain. Sebaiknya secepatnya menemui dokter jika mengalami hal-hal tersebut.

Mitos atau fakta, alat makan berbahan melamin bisa berbahaya?

foto: freepik.com

Jadi, bisa disimpulkan jika peralatan makan yang menggunakan bahan melamin memang berbahaya, tetapi hanya pada situasi atau suhu tertentu. Ketika suhu makanan tidak terlalu tinggi dan peralatan tidak digunakan untuk dipanaskan. Sehingga, masih tetap aman untuk digunakan pada makanan dan minuman yang tidak terlalu panas, ya.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya