Manusia modern disebut gampang sakit, konsumsi 11 makanan ini bisa bantu tingkatkan kekebalan tubuh

Manusia modern disebut gampang sakit, konsumsi 11 makanan ini bisa bantu tingkatkan kekebalan tubuh
foto: freepik.com

Brilio.net - Belakangan banyak yang menyebut jika manusia yang hidup di masa modern punya fisik lemah, sehingga gampang jatuh sakit. Rupanya, hal tersebut juga menjadi perhatian banyak pihak. Beberapa penelitian menyebut, jika perubahan gaya hidup menjadi faktor utama yang membuat orang zaman sekarang lebih gampang sakit daripada zaman dulu.

Zaman dulu, orang-orang hidup tanpa kecanggihan teknologi, sehingga lebih banyak memiliki aktivitas fisik. Tak hanya itu, para pendahulu juga lebih banyak mengonsumsi makanan alami. Sedangkan generasi saat ini cenderung kurang bergerak, lebih banyak mengonsumsi makanan olahan, serta terpapar beragam polutan lingkungan.

Gaya hidup tersebut, membuat masyarakat modern sering mengalami berbagai masalah kesehatan, mulai dari penyakit ringan seperti flu hingga kondisi kronis yang lebih serius. Agar terhindar dari berbagai penyakit tersebut, kamu harus memerhatikan asupan yang dikonsumsi. Pastikan makanan yang dikonsumsi memiliki gizi dan padat nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh.

Berikut BrilioFood lansir dari berbagai sumber pada Selasa (6/8), berikut 11 makanan ini bisa bantu tingkatkan kekebalan tubuh.

1. Jeruk dan buah sitrus lainnya.

Manusia modern disebut gampang sakit, konsumsi 11 makanan ini bisa bantu tingkatkan kekebalan tubuh

foto: pexels.com

Jeruk kaya akan vitamin C juga antioksidan kuat yang bisa meningkatkan produksi sel darah putih. Nggak cuma itu, jeruk juga mengandung flavonoid yang memiliki sifat anti-inflamasi.

Meski jeruk sangat bermanfaat, perlu diingat bahwa tidak ada makanan tunggal yang dapat menjamin kekebalan sempurna. Diet seimbang, gaya hidup sehat, dan faktor lain, seperti tidur cukup dan manajemen stres juga penting untuk kekebalan tubuh yang optimal.

2. Bawang putih.

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang memiliki sifat antimikroba dan antivirus. Kandungan di dalamnya dianggap bisa meningkatkan aktivitas sel-sel kekebalan tubuh. Kalau dikonsumsi rutin, bawang putih juga bisa membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi peradangan.

3. Jahe.

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Rempah satu ini juga bisa dikonsumsi sebagai obat alami rasa mual dan nyeri otot. Pasalnya, kandungan di dalamnya juga ampuh menurunkan kolesterol dan gula darah.

3. Bayam.

Sayuran hijau satu ini kaya akan vitamin C, antioksidan, dan beta karoten. Bayam juga mengandung asam folat yang penting untuk produksi sel darah merah. Nggak ketinggalan, bayam memiliki sifat anti-inflamasi dan mendukung kesehatan mata.

4. Yogurt.

Manusia modern disebut gampang sakit, konsumsi 11 makanan ini bisa bantu tingkatkan kekebalan tubuh

foto: pexels.com

Yogurt mengandung probiotik yang mendukung kesehatan usus dan sistem kekebalan. Makanan satu ini juga merupakan sumber protein dan vitamin D yang baik. Kalau dikonsumsi rutin, kandungan yogurt bisa membantu menjaga keseimbangan mikrobioma usus.

5. Kacang almond.

Kacang almond kaya akan vitamin E dan antioksidan yang mendukung sistem kekebalan. Kacang almond juga mengandung serat, protein, dan lemak sehat, sehingga bisa dikonsumsi secara rutin untuk menjaga kekebalan tubuh dari berbagai jenis penyakit.

6. Kunyit.

Kunyit mengandung kurkumin, senyawa dengan sifat anti-inflamasi kuat. Bahan rempah satu ini memiliki efek antioksidan dan antimikroba yang dapat membantu mengurangi gejala arthritis dan mendukung kesehatan otak.

7. Salmon.

Manusia modern disebut gampang sakit, konsumsi 11 makanan ini bisa bantu tingkatkan kekebalan tubuh

foto: pexels.com

Sudah jadi rahasia umum kalau ikan salmon kaya akan asam lemak omega-3 yang mendukung kesehatan jantung dan otak. Nggak cuma itu, salmon juga merupakan sumber vitamin D yang baik, sehingga penting untuk sistem kekebalan. Salmon juga bisa diolah jadi berbagai menu masakan untuk jadi lauk sehari-hari.

8. Paprika merah.

Paprika merah merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, bahkan lebih tinggi dari jeruk. Nggak cuma itu, paprika merah juga mengandung vitamin B6 yang penting untuk pembentukan antibodi. Kalau dikonsumsi secara rutin, kandungan inilah yang akan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga terhindar dari berbagai jenis penyakit.

9. Brokoli.

Brokoli jadi makanan yang kaya akan vitamin C, A, dan E, serta antioksidan. Sayuran hijau satu ini juga memiliki senyawa sulforafan yang dapat meningkatkan aktivitas enzim detoksifikasi. Dengan mengonsumsi makanan ini berbagai bakteri bisa keluar dari tubuh dan tidak menimbulkan berbagai penyakit.

10. Kiwi.

Manusia modern disebut gampang sakit, konsumsi 11 makanan ini bisa bantu tingkatkan kekebalan tubuh

foto: pexels.com

Kiwi memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dari jeruk. Pasalnya, vitamin C ini berperan penting dalam meningkatkan produksi sel darah putih dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Nggak cuma itu, kiwi juga mengandung berbagai antioksidan seperti lutein, zeaxanthin, dan vitamin E yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan radikal bebas.

11. Jamur shitake.

Jamur shitake mengandung beta-glukan, di mana senyawa ini merangsang sistem kekebalan dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi. Jamur shitake yang dikeringkan di bawah sinar matahari mengandung vitamin D yang penting untuk fungsi kekebalan optimal.

Selain makanan, beberapa jenis minuman juga baik dikonsumsi secara rutin untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Berikut beberapa daftarnya:

1. Air putih.
2. Teh hijau.
3. Jus jeruk.
4. Smoothie bayam dan buah-buahan.
5. Yogurt cair.
6. Jus bit.
7. Minuman kunyit.
8. Kombucha.
9. Infused water dengan lemon atau jahe.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya