Lebih hemat gas, ini trik rebus sagu mutiara biar nggak lengket dan matang sempurna dalam 12 menit

Lebih hemat gas, ini trik rebus sagu mutiara biar nggak lengket dan matang sempurna dalam 12 menit
Instagram/@ayu.mci10

Sagu mutiara terbuat dari pati sagu. Bahan ini terkenal punya tekstur kenyal dan lembut. Biasanya sagu mutiara dijadikan isian untuk kolak, bubur, kue talam, dan aneka jajanan tradisional lain.

Namun perlu diketahui bahwa memasak sagu mutiara membutuhkan teknik khusus agar hasilnya sempurna. Jika tidak dimasak dengan benar, sagu mutiara bisa menjadi terlalu keras atau malah hancur. Oleh karena itu, penting untuk memerhatikan proses perebusan dan waktu masak yang tepat, sehingga sagu mutiara bisa menghasilkan tekstur kenyal yang ideal dan tampil cantik dalam hidangan yang disajikan.

Saat masih mentah, sagu mutiara memiliki tekstur sangat keras. Supaya teksturnya kenyal dan matang sempurna, sagu mutiara perlu direbus dalam waktu yang lama. Nah, lamanya proses perebusan sagu mutiara ini bisa boros waktu memasak dan tabung gas.

Demi mengatasi hal tersebut, kamu bisa meniru trik yang dibagikan Ayu Kandi melalui Instagram @ayu.mci10. Pada salah satu video yang diunggah, jebolan MasterChef musim ke-10 ini mengaku hanya membutuhkan waktu 12 menit untuk merebus sagu mutiara. Dengan durasi tersebut sagu mutiara yang dihasilkan bisa matang sempurna, kenyal, dan nggak lengket.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @ayu.mci10 pada Senin (26/8), Ayu menggunakan metode 5-30-7 saat merebus sagu mutiara. Jadi sagu mutiara akan direbus selama 5 menit, lalu direndam air panas 30 menit, dan direbus lagi 7 menit. Selain dengan teknik tersebut, takaran sagu mutiara dan airnya juga perlu diperhatikan.

 

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya