Langsung merekah dalam 10 menit, ini trik rebus singkong agar cepat empuk pakai 2 bumbu dapur

Langsung merekah dalam 10 menit, ini trik rebus singkong agar cepat empuk pakai 2 bumbu dapur
foto: Instagram/@rastasav

Brilio.net - Singkong adalah salah satu bahan makanan yang kaya akan karbohidrat dan menjadi sumber energi utama bagi banyak orang, terutama di daerah tropis. Meskipun sederhana, singkong mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh seperti serat, vitamin C, dan mineral penting berupa kalsium dan kalium. Selain itu, singkong juga bebas gluten, sehingga cocok dijadikan pilihan untuk orang yang memiliki sensitivitas terhadap gluten.

Namun, mengolah singkong menjadi hidangan yang lezat dan sehat bukanlah hal yang mudah. Pasalnya, singkong termasuk bahan makanan yang keras saat masih mentah. Nah, supaya bisa empuk sempurna dan merekah, butuh trik memasak tertentu.

Salah satu metode memasak singkong yang kerap dilakukan banyak orang adalah dengan cara direbus. Merebus singkong biasa dilakukan untuk beberapa masakan, seperti kue dan gorengan. Namun tidak sedikit juga yang mengonsumsi singkong rebus langsung untuk camilan atau makanan berat pengganti nasi.

Nah, saat hendak merebus singkong, sebagian besar orang biasanya akan membutuhkan waktu minimal 30 menit supaya teksturnya bisa empuk. Jika jumlahnya lebih banyak, akan sangat mungkin proses merebus jadi lebih lama. Hal tersebut tentu bisa bikin boros gas dan waktu memasak.

Lantas agar singkong bisa merekah dengan baik, diperlukan teknik khusus dalam proses persiapan dan pengolahannya. Beruntungnya seorang pengguna Instagram @rastasav pernah membagikan trik sederhana merebus singkong agar merekah dalam waktu 10 menit. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku menggunakan dua bumbu dapur saat merebus singkong.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @rastasav pada Minggu (1/9), bumbu dapur yang dimaksud adalah garam dan bawang putih. Kedua bahan ini bisa membantu mengempukkan singkong sekaligus membuat rasanya semakin gurih. Oleh sebab itu, singkong yang direbus bisa merekah dan lezat.

Langsung merekah dalam 10 menit, ini trik rebus singkong agar cepat empuk pakai 2 bumbu dapur

foto: Instagram/@rastasav

Namun sebelum siap direbus dengan bahan-bahan tersebut, sebaiknya pastikan singkong yang dipilih berkualitas. Cara memilihnya cukup mudah. Kamu bisa memilih singkong yang memiliki kulit ari berwarna merah muda. Biasanya singkong yang seperti ini cenderung empuk saat direbus.

Selain itu, pilih singkong yang tampak mudah dipatahkan. Hindari memilih singkong yang lembek atau justru sangat keras. Bukan tanpa sebab, singkong seperti itu biasanya alot ketika dimasak.

Saat membeli di pasar, sebaiknya pilih singkong yang masih utuh. Jangan memilih singkong yang sudah dipotong-potong menggunakan pisau, ya. Selain itu, pilih singkong yang berwarna putih bersih.

Nah, jika sudah memilih singkong yang berkualitas, langsung cuci bersih. Kupas kulitnya dan potong-potong jadi beberapa bagian. Setelah itu, cuci bersih lagi di bawah air mengalir.

Langsung merekah dalam 10 menit, ini trik rebus singkong agar cepat empuk pakai 2 bumbu dapur

foto: Instagram/@rastasav

Selanjutnya, siapkan air dalam panci. Kemudian masukkan garam dan bawang putih cincang. Jika sudah, rebus sampai airnya benar-benar mendidih. Barulah kemudian masukkan singkong yang sudah dikupas dan dicuci bersih tadi.

Dalam video tersebut, pengguna Instagram @rastasav menggunakan 250 gram singkong. Setelah itu, tutup panci dan rebus selama 5-10 menit. Pastikan proses merebusnya dalam kondisi panci tertutup, ya. Setelah itu, buka tutup panci dan singkong yang sudah merekah siap disantap.

Langsung merekah dalam 10 menit, ini trik rebus singkong agar cepat empuk pakai 2 bumbu dapur

foto: Instagram/@rastasav

Pada dasarnya, menambahkan garam dan bawang putih saat merebus singkong dapat membantu mempercepat proses pematangan dan membuat singkong lebih empuk. Garam misalnya, dapat membantu mengubah struktur seluler singkong dengan menarik air masuk ke dalam sel-sel singkong. Proses ini membantu melembutkan daging singkong dan mempercepat pematangan. Selain itu, garam juga dapat meningkatkan suhu air rebusan, yang membuat proses memasak singkong jadi lebih cepat.

Sementara itu, bawang putih mengandung enzim dan senyawa sulfur yang dapat membantu memecah dinding sel singkong, sehingga membuatnya lebih empuk saat dimasak. Meskipun perannya lebih kecil dibandingkan garam, bawang putih juga dapat memberikan rasa yang lebih kaya dan berperan membantu mempercepat proses pematangan.

(brl/wen)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya