Kerap dianggap bahaya, bolehkah ibu hamil makan mi instan? Begini penjelasan dokter kandungan

Kerap dianggap bahaya, bolehkah ibu hamil makan mi instan? Begini penjelasan dokter kandungan
foto: freepik.com

Brilio.net - Mi instan menjadi salah satu makanan yang banyak dikonsumsi orang dalam waktu-waktu tertentu. Misalnya, nggak mau ribet mengolah makanan karena tidak memiliki waktu banyak. Namun tak sedikit pula yang sengaja mengolah mi instan sesuai selera karena memang sangat menyukai makanan instan satu ini.

Kenikmatan mi instan ini tentu sudah diakui setiap kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga ibu hamil mengonsumsi mi instan.

Namun sayangnya, kerap muncul anggapan bahwa kandungan nutrisi pada mi instan cenderung kurang baik untuk ibu hamil dan janin. Bukan tanpa sebab, ibu hamil memang harus selalu memerhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuhnya. Hal ini dikarenakan asupan makanan tersebut tidak hanya diberikan kepada dirinya sendiri, namun juga untuk janin yang sedang dikandungnya. Oleh sebab itu, makanan yang dikonsumsi harus lebih diperhatikan.

Pada dasarnya, mi instan memiliki komponen utama yakni tepung terigu. Namun dilansir dari who.int, semua produk mi instan dibuat dengan tambahan nutrisi, seperti vitamin A, vitamin B, asam folat, zat besi, dan zinc. Tapi di sisi lain, mi instan juga mengandung pengawet, pewarna, dan perasa tambahan.

Dengan sejumlah kandungan tersebut, banyak orang mempertanyakan tentang keamanan konsumsi mi instan, khususnya bagi ibu hamil. Seorang dokter kandungan bernama Arman Djajakuslie pernah menjelaskan hal tersebut lebih lanjut. Melalui akun TikTok @drarmanspog, Dokter Arman mengungkapkan bahwa ibu hamil tetap aman mengonsumsi mi instan.

Kerap dianggap bahaya, bolehkah ibu hamil makan mi instan? Begini penjelasan dokter kandungan

bolehkah ibu hamil makan mi instan
TikTok/@drarmanspog

Dilansir BrilioFood dari TikTok @drarmanspog pada Senin (19/8), hal yang perlu ditekankan saat hendak mengonsumsi makanan adalah dengan memerhatikan tingkat kematangannya. Ibu hamil perlu mengonsumsi makanan yang benar-benar matang, bukan makanan mentah. Hal ini untuk menghindari adanya virus, bakteri, atau bahkan parasit yang terkandung di dalam makanan yang masih mentah.

"Buat bumil kalau mau makan, itu syaratnya cuma satu. Matang. Kedua, makanan yang dibakar atau dipanggang, kayak sate atau ayam bakar itu boleh. Yang penting matang. Ada yang tanya, kalau gosong gimana? Ya jangan sampai gosong, kalau gosong ya nggak enak kali," ujar Dokter Arman.

Kerap dianggap bahaya, bolehkah ibu hamil makan mi instan? Begini penjelasan dokter kandungan

bolehkah ibu hamil makan mi instan
TikTok/@drarmanspog

Selain itu, batas mengonsumsi mi instan juga perlu diperhatikan. Baik ibu hamil maupun orang dewasa pada umumnya memang tidak dianjurkan mengonsumsi mi instan terlalu banyak, apalagi jika sampai setiap hari. Hal ini tentu bisa memengaruhi asupan gizi dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh dan janin.

"Tapi intinya, semua itu ada jumlahnya. Semakin kita anggap makanan ini enak, coba pikir, sehat nggak? Kalau nggak sehat, boleh dong, tapi jumlahnya kita batasi," jelasnya lebih lanjut.

Menurut Dokter Arman, aturan ini tidak hanya berlaku pada mi instan saja. Namun makanan lain seperti mi ayam, gorengan, bahwa kopi dan durian juga berlaku demikian. Mengonsumsinya dengan batas tertentu bisa merupakan langkah yang baik.

Kerap dianggap bahaya, bolehkah ibu hamil makan mi instan? Begini penjelasan dokter kandungan

bolehkah ibu hamil makan mi instan
TikTok/@drarmanspog

Telah ditonton lebih 601 ribu kali, video tersebut sontak menuai atensi warganet. Tidak sedikit pengguna TikTok lain yang tertarik dan turut memberikan tanggapan langsung di kolom komentar. Sebagian besar warganet ini mengaku penjelasan tersebut sangat bermanfaat dan mudah dipahami.

"dokternya top banget jelasinnya , bikin bumil ini gak ovt melulu . makasih dokter , sehat selalu," kata TikTok @ella.martharosita.

"setuju dok. aku apa aja dimakan yg penting mateng dan gak berlebihan," sahut TikTok @anitashafela29.

"mksih dok penjelasannya lebih bs d fahami kebetulan lagi pengen mie tapi takut krn katanya g boleh. intinya yg penting tdk berlebihan," tulis akun TikTok @itha_sagita.2.

"dokternya sama kek dokter obgyn ku boleh makan apapun asal jangan berlebihan pokoknya vitamin jangan sampai diskip apalagi asam folat," komentar akun TikTok @andriani97__.

"Yaampun dr menenangkan hati," ujar TikTok @dindametakiranaa.

(brl/ola)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya