Kasus diabetes meningkat, ini 9 minuman dengan pemanis alami sebagai pengganti kopi susu

Kasus diabetes meningkat, ini 9 minuman dengan pemanis alami sebagai pengganti kopi susu
foto: pexels.com

Brilio.net - Diabetes atau dikenal juga sebagai penyakit gula (gula darah tinggi) adalah kondisi kronis yang perlu diwaspadai. Penyakit ini ditandai dengan adanya peningkatan kadar gula darah (glukosa) yang melebihi batas normal. Kondisi ini berlangsung dalam jangka panjang dan membutuhkan perhatian khusus untuk mencegah komplikasi yang lebih serius.

Saat terkena penyakit satu ini, tubuh penderita tidak lagi dapat menyerap gula (glukosa) ke dalam sel dan menggunakannya sebagai sumber energi. Akibatnya, gula berlebih akhirnya menumpuk dalam aliran darah. Diabetes yang tidak dikelola dengan baik bisa berakibat fatal, karena dapat merusak berbagai organ dan jaringan dalam tubuh.

Beberapa organ yang rentan terhadap kerusakan akibat diabetes meliputi jantung, ginjal, mata, dan sistem saraf. Penyakit ini terbagi menjadi dua jenis utama, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Di sisi lain, dilansir dari sehatnegeriku.kemkes.go.id, Indonesia menduduki peringkat kelima negara dengan jumlah penderita diabetes terbanyak dengan 19,5 juta kasus pada 2021 dan diprediksi akan menjadi 28,6 juta pada 2045.

Bahkan dikutip dari warta.jogjakota.go.id, di Kota Yogyakarta sendiri hingga Juli 2024 terdapat 13.985 kasus mengenai penyakit diabetes. Dimana jumlah tersebut mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yaitu sebesar 14.595. Nah, dilansir dari poltekkesjogja.ac.id, salah satu penyebab penyakit diabetes ini tidak lepas dari gaya hidup masyarakat sering mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula berlebih, salah satunya adalah kopi susu.

Kopi susu memang jadi minuman favorit yang dipesan banyak orang saat sedang nongkrong di kafe. Untuk meminimalisir risiko terkena penyakit tersebut, kamu bisa mengganti konsumsi kopi susu dengan minuman lainnya. BrilioFood sudah melansir dari berbagai sumber, sembilan minuman dengan pemanis alami sebagai pengganti kopi susu pada Senin (19/8).

1. Teh hijau tanpa gula.

Kasus diabetes meningkat, ini 9 minuman dengan pemanis alami sebagai pengganti kopi susu

foto: pexels.com

Teh hijau adalah pilihan minuman sehat yang rendah kalori dan kaya akan antioksidan. Pengidap diabetes dapat menikmati teh hijau tanpa gula untuk mendapatkan manfaatnya tanpa meningkatkan kadar gula darah.

Teh hijau juga dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin yang penting bagi pengidap diabetes. Selain itu, teh hijau juga memiliki efek anti-inflamasi dan dapat membantu mengurangi risiko komplikasi diabetes.

2. Air lemon.

Kasus diabetes meningkat, ini 9 minuman dengan pemanis alami sebagai pengganti kopi susu

foto: pexels.com

Air lemon adalah minuman menyegarkan yang rendah kalori dan bebas gula. Pengidap diabetes bisa menambahkan perasan lemon ke dalam segelas air untuk mendapatkan rasa yang enak tanpa perlu khawatir tentang lonjakan gula darah.

Lemon mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mendukung kesehatan secara keseluruhan. Minuman ini juga bisa membantu dalam proses detoksifikasi tubuh.

3. Air kelapa muda.

Air kelapa muda merupakan pilihan minuman alami yang rendah gula dan kaya elektrolit. Minuman ini bisa membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi yang penting bagi pengidap diabetes.

Air kelapa juga mengandung kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Namun, konsumsinya harus dibatasi. Pasalnya, meskipun rendah gula, air kelapa tetap mengandung karbohidrat yang bisa memengaruhi kadar gula darah.

4. Susu almond.

Kasus diabetes meningkat, ini 9 minuman dengan pemanis alami sebagai pengganti kopi susu

foto: pexels.com

Susu almond tanpa pemanis adalah alternatif yang baik untuk susu sapi bagi pengidap diabetes. Susu ini rendah karbohidrat dan kalori, serta bebas gula tambahan. Susu almond juga kaya akan vitamin E dan kalsium yang penting untuk kesehatan tulang dan kulit. Minuman ini bisa dinikmati sendiri atau digunakan sebagai bahan dasar dalam smoothie atau minuman lainnya tanpa menyebabkan lonjakan gula darah.

5. Teh herbal.

Teh herbal seperti teh peppermint, chamomile, atau hibiscus adalah pilihan minuman tanpa kafein yang aman untuk pengidap diabetes. Teh herbal tidak mengandung kalori atau gula, dan beberapa jenis teh bahkan memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang bermanfaat.

Teh peppermint dapat membantu pencernaan, sementara teh hibiscus dikenal dapat membantu menurunkan tekanan darah. Minum teh herbal secara teratur dapat menjadi bagian dari gaya hidup sehat bagi pengidap diabetes.

6. Smoothie sayuran hijau.

Kasus diabetes meningkat, ini 9 minuman dengan pemanis alami sebagai pengganti kopi susu

foto: pexels.com

Smoothie yang dibuat dari sayuran hijau seperti bayam, kale, dan mentimun adalah pilihan yang sehat dan rendah gula. Pengidap diabetes bisa menambahkan sedikit buah rendah gula seperti beri untuk memberikan rasa manis alami tanpa menambahkan gula.

Sayuran hijau kaya akan serat dan nutrisi, serta memiliki indeks glikemik rendah, sehingga membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Smoothie ini juga bisa memberikan energi dan meningkatkan asupan sayuran harian.

7. Kefir.

Kefir adalah minuman probiotik yang terbuat dari susu yang difermentasi, namun ada juga kefir yang terbuat dari air atau kelapa. Probiotik dalam kefir dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan meningkatkan sensitivitas insulin yang bermanfaat bagi pengidap diabetes.

Kefir juga rendah gula dan memiliki efek mengenyangkan, sehingga dapat membantu dalam pengelolaan berat badan. Minuman ini bisa dinikmati sendiri atau dicampur dengan buah-buahan rendah gula.

8. Air jahe.

Air jahe adalah minuman yang tidak hanya menyegarkan tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Jahe dikenal memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin.

Pengidap diabetes dapat menikmati air jahe tanpa tambahan gula sebagai cara alami untuk menambah rasa pada air minum. Selain itu, air jahe juga dapat membantu meredakan masalah pencernaan dan meningkatkan sirkulasi darah.

9. Infused water.

Kasus diabetes meningkat, ini 9 minuman dengan pemanis alami sebagai pengganti kopi susu

foto: pexels.com

Infused water adalah air yang diberi tambahan rasa alami dari buah-buahan, sayuran, atau rempah-rempah. Minuman ini rendah kalori dan bebas gula, sehingga aman untuk pengidap diabetes. Contoh kombinasi yang bisa dicoba adalah air dengan irisan mentimun dan daun mint, atau air dengan potongan stroberi dan lemon.

Infused water dapat membantu menjaga hidrasi, memberikan rasa yang segar, dan menambah asupan nutrisi dari bahan alami yang digunakan tanpa menambah kalori atau gula.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya