Jangan tergoda harga murah, ini cara membedakan ati ayam segar dan jelek

Jangan tergoda harga murah, ini cara membedakan ati ayam segar dan jelek
foto: freepik.com

Brilio.net - Ati ayam adalah bahan makanan yang seringkali dimasak jadi aneka menu hidangan seperti sate, sambal goreng, dan sup. Bagian ayam ini dikenal karena tekstur unik dan rasa yang enak. Selain rasanya yang lezat, ati juga kaya nutrisi penting seperti protein, zat besi, dan vitamin A yang memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Banyaknya olahan ati membuat bahan makanan satu ini kerap diburu di pasaran. Sayangnya, tidak semua ati ayam di pasaran dijual dalam kondisi segar. Hal ini tentu membuat konsumen harus lebih hati-hati dalam memilih ati yang hendak dibeli.

Pasalnya, ati ayam yang kurang segar memiliki rasa yang kurang enak karena pahit. Selain itu, ati yang tak berkualitas juga mudah hancur saat diolah. Hal tersebut pernah dijelaskan lebih lanjut oleh pedagang bubur bernama Ady.

Melalui akun YouTube pribadinya, Ady mengaku kerap membeli ati ampela ayam untuk diolah jadi sate sebagai pelengkap bubur ayam. Nah, dia punya cara tersendiri untuk membedakan ati ampela yang masih segar dan sudah jelek.

Jangan tergoda harga murah, ini cara membedakan ati ayam segar dan jelek

foto: YouTube/Ady Dongky

Dilansir BrilioFood dari YouTube Ady Dongky pada Selasa (30/7), dia mengaku ati segar biasanya memiliki warna merah segar. Berbeda halnya dengan ati yang sudah jelek cenderung pucat dan warnanya mulai kecokelatan. Ati ayam yang sudah berubah warna kehijauan juga menandakan bahwa bahan tersebut sudah tidak segar.

Jangan tergoda harga murah, ini cara membedakan ati ayam segar dan jelek

foto: YouTube/Ady Dongky

Selain dari segi warna, kamu juga bisa membedakan ati ayam segar dari aromanya. Sama seperti daging, jeroan seperti ati ampela yang baik juga memiliki aroma segar. Di sisi lain, ati ayam yang kurang berkualitas cenderung memiliki aroma amis yang cukup pekat.

Nah, kamu juga bisa memilih ati ayam yang masih utuh. Kondisi ati ayam yang utuh, apalagi masih menempel dengan jantung dan ampelanya biasanya menandakan bahwa bahan makanan tersebut masih segar. Hindari memiliki hati ayam yang sudah robek atau bahkan hancur karena akan lebih sulit diolah nantinya.

Jangan tergoda harga murah, ini cara membedakan ati ayam segar dan jelek

foto: YouTube/Ady Dongky

Di pasaran, ati ayam memang biasanya dijual satuan atau kiloan. Nah, ati ayam yang kurang segar seringkali dijual dengan harga yang lebih murah dan porsi banyak. Jangan sampai kamu tergoda dengan harga yang murah demi mendapat porsi lebih banyak, ya. Pastikan kamu memilih ati ayam dengan baik jika ingin hasil masakan lebih enak dan nggak pahit.

Unggahan tentang cara bedakan ati ayam segar ini telah ditonton lebih dari 1.700 kali. Siapa sangka, banyak pengguna YouTube lain yang tertarik dan ikut memberikan tanggapan secara langsung. Sebagian besar warganet ini mengungkapkan terima kasih karena mendapat ilmu baru yang bermanfaat.

"Trmksh infoe cara memilih ati ampela ayam yg bgs n yg kurang bagus," ujar YouTube @makeaisyahfamily.

"Makasih bang tips ny mantap," kata YouTube @awitfebriansari3220.

Tipsnya sangat bermanfaat kawan," tulis akun YouTube @atizamfamily409.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya