Jangan cuma dioles pasta gigi, ini cara bersihkan dasar rice cooker berkerak agar kinclong lagi

Jangan cuma dioles pasta gigi, ini cara bersihkan dasar rice cooker berkerak agar kinclong lagi
foto: Instagram/@kakak_maryam

Brilio.net - Merawat rice cooker dengan baik menjadi kunci penting untuk memperpanjang masa pakainya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkannya secara rutin, termasuk di bagian dasar rice cooker. Bagian dasar berbentuk plat besi bulat (heating plate) ini berfungsi sebagai penghantar panas yang membantu mematangkan nasi ketika dimasak.

Nah, idealnya, heating plate atau elemen pemanas ini harus selalu dalam kondisi bersih. Bukan tanpa sebab, kotoran yang menempel di heating plate tersebut bisa terbakar dan jadi kerak ketika rice cooker digunakan. Lantas jika dibiarkan lebih lama, kerak tersebut bisa menebal dan membuat bagian dasar rice cooker jadi kotor.

Pada dasarnya, butuh bahan khusus untuk membersihkan bagian dasar rice cooker ini. Sejumlah orang biasanya akan mengoleskan pasta gigi ke bagian yang berkerak di heating plate. Usut punya usut, pasta gigi bisa ampuh membuat kerak bisa dibersihkan dengan mudah.

Namun dalam beberapa kasus, kerak yang telanjur membandel terkadang tidak bisa langsung hilang begitu saja ketika dibersihkan menggunakan pasta gigi. Alhasil, sejumlah orang terkadang menambahkan bahan lain sebagai pembersih bagian dasar rice cooker. Pengguna Instagram @kakak_maryam termasuk salah satu orang yang mengaku menambahkan satu bahan lain saat membersihkan kerak di bagian dasar rice cooker agar kinclong lagi.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya