Jangan cuma dilihat warnanya, ini trik memilih nanas manis dan matang sempurna

Jangan cuma dilihat warnanya, ini trik memilih nanas manis dan matang sempurna
Instagram/@cutsyansyahnan

Brilio.net - Nanas identik dengan rasanya yang asam dan manis. Buah segar satu ini kerap dikonsumsi langsung sebagai camilan. Namun nanas juga biasa diolah jadi berbagai macam makanan atau minuman, seperti dessert, es buah, hingga campuran kuah masakan. Rasa manis asamnya memang memberikan sensasi nikmat tersendiri saat disantap.

Nah, saat hendak membeli nanas, sejumlah orang biasanya akan memilih buah yang berwarna kuning. Kulit nanas yang kuning kerap dinilai sebagai tanda bahwa buah tersebut sudah matang sempurna. Namun tahu nggak sih, tidak semua nanas yang berwarna kuning memiliki rasa manis, lho. Banyak orang mendapati nanas yang dibeli justru sepat dan sangat asam ketika sudah dipotong.

Nah, kamu pun sebenarnya perlu tahu trik memilih nanasyang manis dan matang sempurna. Beruntungnya, seorang pengguna Instagram @cutsyansyahnan pernah membagikan trik memilih nanas supaya benar-benar manis alias tidak keliru. Melalui salah satu unggahannya, pengguna Instagram @cutsyansyahnan membagikan sejumlah ciri-ciri yang perlu diperhatikan.

"setelah trial and error maaf sy uda ga tertipu hehehehhe.
Ini berdasarkan pengalaman sendiri, dulunya pernah jualan nastar, jadi sering beli nanas," kata Instagram @cutsyansyahnan.

Dilansir BrilioFood dari akun Instagram @cutsyansyahnan pada Rabu (19/6), hal pertama yang harus diperhatikan adalah pola pada kulit nanas. Jika polanya cenderung berukuran besar dan lebar, tandanya nanas sudah matang. Sedangkan jika polanya sempit dan kecil-kecil, biasanya nanas tersebut masih mentah dan rasanya pun sepat atau sangat asam.

Jangan cuma dilihat warnanya, ini trik memilih nanas manis dan matang sempurna

foto: Instagram/@cutsyansyahnan

Selain dari pola kulit, bentuk mahkota juga sangat memengaruhi, lho. Nanas yang matang dan manis memiliki mahkota tegak dan warna daunnya pun hijau cerah. Jika masih hijau muda atau layu, berarti nanas tersebut belum matang.

Ciri selanjutnya saat hendak memilih nanas adalah dengan menimbang beratnya. Semakin berat nanas, biasanya buah tersebut cenderung manis. Bukan tanpa sebab, nanas yang berat cenderung memiliki kandungan air lebih banyak, sehingga rasanya pun lebih manis.

Jangan cuma dilihat warnanya, ini trik memilih nanas manis dan matang sempurna

foto: Instagram/@cutsyansyahnan

Terakhir, jangan lupa cium aroma buah nanasnya. Jika aromanya cukup manis, berarti buah nanas sudah matang. Lantas sebaliknya, hindari nanas yang belum beraroma maupun beraroma menyengat seperti cuka. Biasanya hal tersebut menjadi tanda bahwa buah nanas sudah tak segar.

Jangan cuma dilihat warnanya, ini trik memilih nanas manis dan matang sempurna

foto: Instagram/@cutsyansyahnan

Ditonton lebih dari 36 ribu kali, video tentang trik memilih nanas ini sontak menuai atensi warganet. Menilik kolom komentar, ada banyak pengguna Instagram lain yang mengaku baru tahu trik tersebut. Oleh sebab itu, trik ini sangat bermanfaat untuk ditiru.

"Wah wajib disimpan baik2 di otak ini ilmunya," papar Instagram @annisasandiputri.

"Oke sekarang uda tau milih nya," kata Instagram @ulfamarryee.

"Tim penggemar nanas matang dan manis, makannya cocol garam bukit," tulis akun Instagram @denuzula.

"dicoba aah kak tipsnya," komentar akun Instagram @taruna_home.

"Makasih tips nya mbaa mantap inii," sahut Instagram @rumah_stia.

View this post on Instagram

A post shared by Cut syanti (@cutsyansyahnan)

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya