Jangan cuma diaduk, ini trik mencegah santan pecah saat dimasak

Jangan cuma diaduk, ini trik mencegah santan pecah saat dimasak
TikTok/@lusykolovanki

Brilio.net - Santan banyak dimanfaatkan untuk membuat hidangan berkuah, contohnya soto, gulai, tongseng, dan lain-lain. Meskipun kelihatannya sederhana, tapi proses masak menggunakan santan dikenal cukup rumit, lho. Pasalnya, kalau tak hati-hati, santan bisa saja pecah dan tidak menyatu dengan kuah saat dimasak.

Memang sudah banyak seliweran trik mengatasi santan pecah di media sosial. Misalnya, dengan memblender santan dan memasaknya kembali, menambahkan potongan daun pisang, dan lain sebagainya. Namun, kalau bisa mencegah daripada mengobati, kenapa tidak, kan?

Salah satu trik mencegah terjadinya kondisi pecah santan yakni dengan mengaduk masakan terus-menerus. Tetapi, pemilik akun Instagram @ummubalqishaura, dikutip BrilioFood pada Selasa (27/8), punya satu trik lagi yang tak kalah bermanfaat, nih. Ia menjelaskan, proses penambahan bahan lain juga bisa mempengaruhi kondisi santan, lho.

Jangan cuma diaduk, ini trik mencegah santan pecah saat dimasak

foto: TikTok/@lusykolovanki

Bahan yang dimaksud yakni garam. Yup, penambahan bumbu satu ini harus diperhatikan waktunya. Sebaiknya, jangan masukkan garam terlalu cepat, karena bisa menyebabkan santan pecah.

Jangan cuma diaduk, ini trik mencegah santan pecah saat dimasak

foto: Instagram/@ummubalqishaura

Waktu terbaik memasukkan garam ke dalam hidangan bersantan yang tengah dimasak yaitu saat santannya sudah mendidih. Pemilik akun Instagram @ummubalqishaura menjelaskan, garam yang dimasukkan terlalu cepat bisa mengganggu stabilitas emulsi antara air dan lemak dari santan, sehingga santan bisa pecah.

Jangan cuma diaduk, ini trik mencegah santan pecah saat dimasak

foto: Instagram/@ummubalqishaura

Makanya untuk mencegah santan pecah, garam harus dimasukkan saat kondisi masakan sudah mendidih, sehingga emulsi antara air dan lemak tetap stabil. Selagi menunggu santan mendidih, jangan lupa pula untuk tetap mengaduknya dengan spatula secara perlahan, ya.

Gimana, simpel banget kan trik mencegah santan pecah ini? Mengintip unggahan Instagram @ummubalqishaura, tak sedikit warganet meninggalkan komentar antusias seputar santan pecah saat dimasak, lho.

"Pantes kalau masak suka pecah santannya. Mksh umm," kata Instagram @ibunlagimasak.

"Ibu saya ngajarinnya supaya santan tidak pecah terutama gulai harus diaduk secarq perlahan tanpa henti sampai si santan matang, cara ngaduknya harus dengan pola yg sama yaitu angka 8 dan pelan². Seperti itu," jelas Instagram @deiraassante.

"Tips kalau gulai udh pecah santan, tambahkan daun pisang yg sudah dicuci bersih aduk gulai bersamaan daun pisang, dijamin santan kembali nyatu sempurna," timpal Instagram @asnitadani96.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya