Jangan buru-buru dibuang, begini trik gulai ayam hampir basi agar kembali nikmat dan aman dikonsumsi

Jangan buru-buru dibuang, begini trik gulai ayam hampir basi agar kembali nikmat dan aman dikonsumsi
foto: freepik.com

Brilio.net - Gulai ayam menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Jenis kuahnya yang kental dan gurih dipadukan dengan ayam dan bumbu rempah membuat siapapun tergiur untuk menikmati hidangan ini.

Gulai memang memiliki cita rasa yang khas. Kuncinya terdapat pada rempah yang kuat dan santannya yang kental. Walaupun nikmat, adanya santan tentu membuat gulai ayam menjadi tak bisa tahan lama dan cepat basi.

Apalagi, biasanya kebanyakan orang akan memasak gulai ayam dalam jumlah banyak. Gulai ayam yang dimasak tak bisa habis dalam sekali makan. Agar tak cepat basi, biasanya gulai akan disimpan dalam kulkas. Baru saat akan disajikan, gulai akan diambil dari dalam kulkas untuk dipanaskan kembali.

Namun, terkadang cara itu hasilnya tak sesuai ekspektasi. Walau sudah dipanaskan, gulai ayam akan tetap terasa basi dan kurang nikmat saat dimakan. Selain itu, terkadang gulai yang sudah dipanaskan akan membuat perut mules. Hal itu kemungkinan terjadi karena beberapa faktor, salah satunya karena gulai ayam berada terlalu di dalam kulkas.

Selain itu, tak sedikit orang yang lalai memanaskan gulai. Gulai yang tidak dipanaskan terlalu lama, tentu akan memiliki rasa asam.

Mendapati gulai basi dan tak bisa dinikmati, pada akhirnya banyak orang yang memilih untuk membuangnya begitu saja. Jika sudah demikian, tentu akan membuat pengeluaran menjadi semakin boros karena membuang bahan makanan secara sia-sia.

Sebelum hal itu terjadi, kamu perlu menyelamatkan gulai ayam di rumah agar tak menjadi basi. Caranya cukup mudah, bahkan kamu tak perlu lagi menambahkan bumbu dapur lainnya.

Trik ini dibagikan oleh pemilik kanal YouTube Bundo Kanduang. Ia membagikan cara agar gulai ayam di rumah tetap enak walau sudah disajikan selama berjam-jam.

Caranya adalah dengan memanaskan kembali gulai ayam yang telah dimasak. Tetapi tak sembarang dipanaskan saja, saat memanaskan gulai juga harus menggunakan trik yang benar.

"tips manasin gulai ayam agar tak cepat basi," tulis pemilik kanal YouTube yang dikutip BrilioFood, Selasa (11/6).

Jangan buru-buru dibuang, begini trik gulai ayam hampir basi agar kembali nikmat dan aman dikonsumsi

foto: YouTube/Bundo Kanduang

Pertama, siapkan gulai ayam yang sudah kamu masak beberapa jam yang lalu. Setelah itu panaskan gulai ayam setiap 8 jam sekali. Agar gulai ayam tidak berlendir dan bau, gunakan api yang kecil. Hal ini juga untuk menghindari gulai menjadi gosong dan menggumpal.

Ternyata, saat memanaskan gulai ayam, kamu juga tidak boleh meninggalkan gulai ayam begitu saja. Tunggulah gulai ayam yang sedang dipanaskan hingga mendidih agar hasilnya maksimal.

Jangan buru-buru dibuang, begini trik gulai ayam hampir basi agar kembali nikmat dan aman dikonsumsi

foto: YouTube/Bundo Kanduang

Aduk perlahan gulai ayam yang sedang dipanaskan supaya santan tidak pecah dan menimbulkan risiko basi. Aduk secara perlahan, jika sudah mendidih, segera matikan kompor.

Dengan cara ini, gulai ayam akan kembali nikmat apalagi jika dihidangkan dengan nasi panas. Kamu juga bisa memanaskannya kembali setelah 8 jam agar gulai ayam tidak memiliki rasa asam.

(brl/jad)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya