Empuk meski tak dipresto, trik merebus kacang hijau ini nggak bikin hancur dan hemat gas

Empuk meski tak dipresto, trik merebus kacang hijau ini nggak bikin hancur dan hemat gas
foto: unsplash.com

Brilio.net - Kacang hijau menjadi salah satu bahan makanan yang digemari masyarakat Indonesia. Selain mudah didapatkan, kacang hijau juga kaya akan nutrisi. Melansir dari kemkes.go.id, kacang hijau bermanfaat untuk mencegah sembelit, meningkatkan penyerapan nutrisi makanan, mengontrol gula darah, hingga mengandung antioksidan yang tinggi.

Tak hanya itu, butiran-butiran hijau ini juga dapat diolah menjadi berbagai jenis hidangan. Mulai dari bubur kacang hijau, es kacang hijau, hingga berbagai olahan kue dan minuman.

Umumnya, sebelum diolah, kacang hijau akan direbus dahulu agar mudah untuk dinikmati. Namun, merebus kacang hijau kadang menjadi tantangan tersendiri. Jika tidak dimasak dengan tepat, kacang hijau bisa menjadi terlalu lembek atau justru tidak matang sempurna.

Selain itu, banyak orang yang mengeluhkan penggunaan gas yang boros ketika merebus kacang hijau dalam waktu lama. Merebus kacang hijau akan lebih cepat jika menggunakan teknik presto. Tetapi, tidak semua orang memiliki panci presto di rumah.

Tak perlu khawatir, karena ternyata ada trik untuk merebus kacang hijau agar hasilnya empuk tanpa dipresto. Trik, ini dibagikan oleh akun Instagram @vaganza_indonesia.

"Stop merebus kacang hijau rebus sampai matang, karena bikin hancur dan boros gas, begini cara yang bisa kalian pakai agar hemat gas dan empuk," ucapnya dikutip BrilioFood dari @vaganza_indonesia, Kamis (27/6).

Langkah-langkah merebus kacang hijau agar matangnya tepat.

Empuk meski tak dipresto, trik merebus kacang hijau ini nggak bikin hancur dan hemat gas

foto: Instagram/@vaganza_indonesia

Pertama, cuci kacang hijau yang ingin kamu rebus hingga bersih. Pemilik akun tersebut tampak tidak merendam kacang hijau terlebih dahulu, ia langsung memasukkannya ke dalam panci yang berisi air mendidih. Selain itu, ia juga menambahkan daun pandan untuk menambah aroma, kemudian panci dan merebusnya selama 5 menit.

Empuk meski tak dipresto, trik merebus kacang hijau ini nggak bikin hancur dan hemat gas

foto: Instagram/@vaganza_indonesia

Setelah 5 menit, matikan api kompor dan diamkan selama 30 menit. Nah, selama 30 menit ini, ia membiarkan pancinya dalam keadaan tertutup, tanpa membukanya sama sekali.

"Saat didiamkan, tutupnya tidak boleh dibuka," imbuhnya.

Empuk meski tak dipresto, trik merebus kacang hijau ini nggak bikin hancur dan hemat gas

foto: Instagram/@vaganza_indonesia

Usai mendiamkan kacang hijau selama 30 menit, ia tampak menyalakan api kompor kembali. Kali ini ia merebus kacang hijau selama 7 menit. Nah, baru setelah itu ia membuka tutup pancinya. Kemudian, tambahkan gula pasir dan santan ke dalamnya. Tunggu hingga matang, baru matikan kompor kembali. Dengan begitu, kacang hijau siap disantap dengan kondisi empuk lezat. Tentunya, kamu juga bisa menghemat gas.

"Dengan teknik tersebut, kacang hijau jadi lebih empuk dan teksturnya tetap terjaga," lanjutnya.

Lewat komentar dari postingan tersebut, banyak warganet yang berhasil mempraktikannya dengan baik. Namun tak sedikit juga yang turut membagikan trik lain dalam merebus kacang hijau agar empuk tanpa dipresto. Salah satunya, dengan merendam ke air terlebih dahulu.

"kalau saya lebih suka saya rendam 1 malam, besoknya baru dimasak, dijamin kacang hijau jadi cepat pecah," kata akun Instagram @may.anaseri.

"Rendam saja pagi, sore dimasak bentar dah mateng," tulis @srredy4.

Selain itu, ada juga yang mengaku menggunakan metode serupa, bedanya durasi yang dipakai adalah 7 menit perebusan, 20 menit didiamkan, dan 10 menit perebusan kembali.

"Kalau aku rebus 7 menit, matikan kompor diamkan 20 menit, nyalakan kompor rebus hingga 10 menit, empuk bgt sampai merekah," komentar akun Instagram @menty.manohan.

Nah, itu dia beberapa trik yang bisa kamu coba untuk merebus kacang hijau tanpa dipresto. Kacang hijau yang empuk memang lebih nikmat, kan. Tertarik untuk mencoba?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya