Cuma tambah 1 bahan dapur, ini cara bersihkan sofa dari coretan pulpen agar cepat kering tanpa dijemur

Cuma tambah 1 bahan dapur, ini cara bersihkan sofa dari coretan pulpen agar cepat kering tanpa dijemur
foto: Instagram/@mamranny

Memiliki sofa yang bersih dan rapi adalah dambaan setiap orang, namun seringkali kenyataan tidak seindah harapan. Salah satu masalah umum yang sering dialami pemilik sofa adalah adanya berbagai macam noda. Mulai dari noda makanan, tumpahan minuman, atau bahkan coretan pulpen yang sulit dihilangkan.

Meskipun tampak sepele, coretan ini bisa merusak tampilan sofa dan membuatnya terlihat kotor dan tidak terawat. Namun membersihkan coretan pulpen ini kerap jadi tantangan tersendiri bagi banyak orang. Bukan tanpa sebab, tinta pulpen mengandung pigmen kuat yang mudah meresap ke dalam serat kain sofa. Ketika tinta menembus permukaan sofa, terutama jika materialnya berpori atau berbahan kain, ia akan menyebar dan menempel kuat.

Hal tersebut tentu membuat prosess pembersihannya harus lebih ekstra. Jika tidak, proses pembersihannya justru bisa memperkuat noda tersebut. Menggosok noda dengan keras, misalnya, justru akan menyebarkan tinta lebih dalam ke serat kain. Oleh karena itu, penting untuk memahami cara yang tepat dalam menangani coretan pulpen pada sofa agar noda bisa dihilangkan tanpa merusak material sofa itu sendiri.

Beruntungnya, seorang pengguna Instagram @mamranny pernah membagikan trik khusus dalam membersihkan coretan pulpen di sofa. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan bahan-bahan sederhana yang ada di rumah. Nah, salah satu di antaranya berasal dari dapur.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @mamranny pada Minggu (1/9), bahan dapur yang dimaksud adalah sabun cuci piring. Selain itu juga memanfaatkan detergen cair yang memiliki daya bersih tinggi. Kedua campuran bahan ini bisa membantu menghilangkan noda tanpa merusak serat kain di sofa. Nggak cuma itu, metode ini juga sangat praktis karena kamu tak perlu repot-repot menjemur sofa.

 

(brl/wen)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya