Cuma bermodal air, ini trik membersihkan nasi gosong dan berkerak di wajan stainless dalam 2 menit

Cuma bermodal air, ini trik membersihkan nasi gosong dan berkerak di wajan stainless dalam 2 menit
Instagram/@rumahvins

Wajan berbahan stainless steel seringkali dipakai untuk memasak. Salah satu keunggulan utama dari wajan stainless steel adalah daya tahannya. Bahan stainless steel tahan terhadap karat, noda, dan korosi, sehingga wajan ini dapat bertahan bertahun-tahun bahkan dengan penggunaan yang intensif. Selain itu, wajan stainless juga bisa mendistribusikan panas secara merata, sehingga makanan bisa cepat matang.

Sayangnya, di balik keunggulan alat dapur tersebut, banyak orang kerap mengeluh tentang penggunaan wajan stainless yang cukup rumit. Bukan tanpa sebab, wajan stainless perlu diseasoning terlebih dahulu sebelum digunakan. Hal ini bertujuan untuk mencegah bahan makanan jadi lengket dan gosong di wajan.

Walaupun begitu, tidak sedikit orang yang masih gagal dalam menggunakan wajan stainless. Alhasil, bahan makanan yang dimasak jadi gosong, berkerak, dan lengket. Hal ini pernah dialami oleh seorang warganet pengguna Instagram @rumahvins. Melalui salah satu video yang diunggah, dia pernah mengeluhkan wajannya yang penuh kerak nasi saat dipakai untuk memasak nasi goreng.

Nah, kerak nasi yang gosong ini sangat sulit dihilangkan. Sekalipun digosok dengan sabut kawat atau sikat, masih ada sisa kerak yang menempel. Di sisi lain, menggosok wajan stainless dengan sikat secara paksa juga bisa menggores permukaannya, lho.

Sebagai gantinya, pengguna Instagram @rumahvins menggunakan cara yang lebih aman. Dilansir BrilioFood dari akun Instagram rumahvins pada Rabu (24/7), dia mengaku hanya mengandalkan air saja untuk menghilangkan nasi yang gosong dan berkerak di wajan stainless steel. Namun supaya bisa terangkat maksimal, ada teknik khusus yang harus dilakukan.

 


(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya