Chef ini tunjukkan trik mengolah kikil agar cepat empuk dan antibau, rahasianya ada di 1 bahan

Chef ini tunjukkan trik mengolah kikil agar cepat empuk dan antibau, rahasianya ada di 1 bahan
Instagram/@chefgungun_handayana

Kikil dikenal sebagai salah satu bagian sapi yang umum digunakan sebagai bahan dasar berbagai masakan. Kikil sapi ini kerap diolah jadi sup, campuran mi kocok, gulai, atau bahkan aneka tumisan. Setelah dimasak dengan berbagai macam bumbu, kikil memang menawarkan rasa lezat dan tekstur empuk dan kenyal.

Sayangnya, butuh teknik khusus mendapatkan tekstur kikil yang empuk dan kenyal. Bukan tanpa sebab, kikil yang masih mentah cenderung memiliki tekstur sangat keras. Oleh sebab itu, kikil harus diolah dan direbus dalam waktu yang cukup lama.

Masalahnya cara barusan nggak selamanya ampuh bikin kikil empuk, apalagi kalau ukurannya besar dan tebal. Nggak cuma itu, PR lain saat mengolah kikil adalah lendir dan kotorannya yang cukup banyak, sehingga membuat bahan makanan satu ini jadi bau amis.

Tak perlu khawatir, jika hendak mengolah kikil, kamu bisa meniru trik yang dibagikan oleh Chef Gungun Chandra Handayana. Melalui akun Instagram pribadinya, konten kreator sekaligus Executive Chef di Unilever Food Solutions Indonesia ini mengungkap satu bahan dapur, yang menjadi kunci penting dalam mengolah kikil.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @chefgungun_handayana pada Jumat (19/7), bahan dapur yang dimaksud adalah baking soda. Nah, baking soda ini harus ditambahkan ke dalam air rebusan kikil, karena dapat memecah protein yang bikin bahan makanan ini jadi alot. Oleh sebab itu, kikil bisa jadi lebih empuk dan tentunya bebas lendir.

Sejak diunggah pada 6 Juli lalu, video Chef Gungun Chandra sudah ditonton lebih dari 361 ribu kali. Nggak heran jika kemudian ada banyak pengguna Instagram lain yang turut memberikan tanggapan langsung di kolom komentar. Sebagian besar mengungkapkan terima kasih karena telah mendapatkan ilmu baru yang bermanfaat.

"Trmksih. D freezer kebetulan ada kikil, ayok gas ken," ujar Instagram @yeyet170663.

"Nuhun chef.. Pas kebetulan mau masak kikil," papar Instagram @nur_nisnaini.

 

 

(brl/psa)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya