Cara mengurangi rasa asin berlebih pada ikan asin menggunakan 1 alat sederhana

Cara mengurangi rasa asin berlebih pada ikan asin menggunakan 1 alat sederhana
foto: YouTube/Dapur Mama SaaYa

Brilio.net - Ikan merupakan salah satu pilihan menu lauk yang sering dipilih oleh ibu-ibu untuk diolah di rumah. Ikan dapat dengan mudah diolah menjadi berbagai hidangan, seperti ikan goreng, sup ikan, pepes, bakso ikan, tumis ikan, dan masih banyak lagi. Dengan berbagai pilihan lauk ini, penggemar olahan ikan pasti akan terus menambah porsi saat makan.

Mengonsumsi ikan juga diyakini memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Menurut informasi dari oehha.gov, ikan kaya akan nutrisi seperti protein, vitamin, asam lemak omega-3, dan lainnya. Selain ikan segar, ikan asin juga bisa menjadi pilihan saat berbelanja. Ikan asin tidak hanya sudah dibumbui sehingga lebih praktis untuk dimasak, tetapi juga lebih tahan lama saat disimpan.

Namun, seringkali ikan asin yang dijual di pasaran memiliki rasa asin yang berlebihan, sehingga dapat mengurangi kenikmatan masakan. Oleh karena itu, banyak orang berusaha untuk mengurangi kadar asin sebelum memasak ikan asin tersebut. Umumnya, cara yang dilakukan adalah merendam ikan asin dalam air larutan garam atau jeruk nipis untuk mengurangi rasa asin.

Selain itu, ada cara lain yang tidak kalah efektif untuk menghilangkan rasa asin berlebih pada ikan asin. Salah satu metode ini dibagikan oleh seorang warganet yang dikenal dengan nama Mama Saaya. Ia menyatakan bahwa cara ini hanya memerlukan satu alat sederhana yang pasti dimiliki semua orang di rumah. Lalu, bagaimana cara melakukannya?

Pertama, siapkan mangkuk untuk meletakkan ikan asin nantinya. Lalu, siapkan juga selembar kertas. Nah, kertas ini jadi pemeran utama untuk menghilangkan asin berlebih pada ikan asin. Pastikan kertas dalam kondisi bersih dan tak terdapat tinta atau coretan apapun di atasnya. Lalu, sobek-sobek kertas agar muat dimasukkan ke dalam mangkuk.

"Kertas yang bersih, ya. Kalau nggak, bisa pakai tisu dapur," imbuh warganet di akun YouTube Dapur Mama SaaYa, dikutip BrilioFood pada Kamis (12/9).

Cara mengurangi rasa asin berlebih pada ikan asin menggunakan 1 alat sederhana

foto: YouTube/Dapur Mama SaaYa

Masukkan sebagian sobekan kertas ke dalam mangkuk, lalu masukkan juga ikan asinnya. Kemudian, tutupi lagi ikan asin dengan sisa potongan kertas. Terakhir, tuangkan air sampai semua ikan asin dan kertas terendam sempurna. Rendam ikan asin bersama kertas selama 10 sampai 15 menit. Usut punya usut, kertas akan membantu menyerap garam berlebih yang menempel pada ikan asin.

Setelah direndam beberapa menit, bilas dan tiriskan ikan asin. Lalu, keringkan ikan asin sebelum dimasak jadi menu andalan masing-masing. Dijamin, ikan asin ini rasanya jadi lebih ringan karena rasa asinnya sudah berhasil diserap oleh kertas.

Cara mengurangi rasa asin berlebih pada ikan asin menggunakan 1 alat sederhana

foto: YouTube/Dapur Mama SaaYa

Gimana, gampang banget kan cara mengurangi asin di ikan asin ini?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya