Cara mengatasi santan pecah kembali utuh andalkan 1 jenis daun, tanpa mengubah rasa dan aroma masakan

Cara mengatasi santan pecah kembali utuh andalkan 1 jenis daun, tanpa mengubah rasa dan aroma masakan
foto: Instagram/@ammaizza1; unsplash.com

Brilio.net - Santan adalah salah satu bahan masakan yang kerap digunakan dalam berbagai hidangan. Santan diperoleh dari parutan kelapa yang diperas. Cairan berwarna putih ini memiliki cita rasa yang creamy dan gurih.

Menambahkan santan ke dalam makanan dapat membuatnya semakin lezat. Ada berbagai masakan Indonesia yang menggunakan bahan santan, mulai dari rendang, gulai, sayur lodeh, kari ayam dan banyak lagi.

Namun, kenikmatan santan ini bisa diperoleh jika pengolahannya juga tepat. Mengolah santan bisa dikatakan mudah, jika tidak asal-asalan pada saat proses memasak. Kuncinya adalah pastikan agar santan jangan sampai pecah. Sebab, jika pecah, akan menyebabkan masakan menjadi hambar, teksturnya yang tidak menyatu, hingga membuat cepat basi.

Namun, bagaimana jika santan yang dimasak telanjur pecah? Apakah harus membuangnya dan mengganti yang baru? Tak perlu khawatir, karena kamu bisa mengatasinya tanpa harus membuang santan. Trik ini telah dibagikan oleh pemilik akun Instagram @ammaizza1. Lewat postingan video, ia mengaku bisa mengembalikan santan yang telanjur pecah menjadi kembali utuh, yaitu dengan menggunakan satu jenis daun saja.

"Ternyata santan yang sudah pecah gini bisa kembali bagus lagi, lho," ucapnya dikutip BrilioFood dari Instagram@ammaizza1, Senin (1/7).

Cara mengatasi santai pecah.

Cara mengatasi santan pecah kembali utuh andalkan 1 jenis daun, tanpa mengubah rasa dan aroma masakan

foto: Instagram/@ammaizza1

Sebelum membahas ke cara mengubah santan pecah menjadi kembali cantik, pemilik akun tersebut memberikan informasi penyebab santan pecah, yaitu karena penggunaan api yang terlalu besar. Selain itu, tidak mengaduk santan ketika masak juga akan membuat santan menjadi menggumpal dan pecah.

"Amma kasih tahu nih, hindari penggunaan api yang terlalu besar dan tidak diaduk," ujar pemilik akun.

Cara mengatasi santan pecah kembali utuh andalkan 1 jenis daun, tanpa mengubah rasa dan aroma masakan

foto: Instagram/@ammaizza1

Lalu bagaimana jika santan sudah telanjur pecah? Perempuan itu tampak langsung mengecilkan api kompor. Lalu, satu jenis daun yang ia gunakan adalah daun pisang. Daun tersebut langsung dimasukkan ke dalam santan, lalu diaduk-aduk terus-menerus hingga santan yang pecah atau menggumpal berubah menjadi cantik. Beberapa saat kemudian, santan yang telanjur pecah berubah menjadi utuh.

Postingan itu sontak mendapat banyak respons dari warganet, tak sedikit yang mengaku berhasil mempraktikkan triknya dengan baik. Ada juga yang mempertanyakan efek daun pisang terhadap rasa dalam masakan.

"Bisa mempengaruhi rasa atau aroma masakannya ga mba kalau pakai daun pisang gitu??" tanya akun Instagram @dilaa.jayanti.

Menurut pemilik video tersebut, daun pisang tidak akan mempengaruhi rasa dan aroma dalam masakan. Jadi, trik ini cocok untuk digunakan di rumah, nih.

"alhamdulillah ngga kko mba," jawab akun Instagram @ammaizza1.

Selain itu, ada juga yang turut membagikan trik lain untuk mengembalikan santan yang telanjur pecah, salah satunya dengan memanfaatkan daun pandan.

"Bisa juga pakai daun pandan, saya sudah coba," kata akun Instagram @rinariani23.

Nah, itu dia beberapa trik yang bisa kamu coba untuk mengubah santan pecah menjadi kembali cantik dan utuh. Bagaimana, kamu tertarik mencoba?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya