Cara membuat obat nyamuk alami bebas asap dengan 3 bahan dapur

Cara membuat obat nyamuk alami bebas asap dengan 3 bahan dapur
foto: TikTok/@simba_memory

Brilio.net - Rumah adalah tempat paling aman dan nyaman untuk beristirahat setelah beraktivitas di luar. Oleh karena itu, penting untuk menjaga setiap ruangan tetap bersih dan rapi setiap saat. Jika rumah kotor atau berantakan, nyamuk sering kali datang.

Bahkan, nyamuk juga kerap datang meskipun rumah sudah bersih dan rapi, terutama jika lupa menutup pintu atau jendela dengan rapat saat malam tiba. Jika nyamuk sudah masuk ke dalam rumah, hewan ini sangat sulit dibasmi. Biasanya, orang-orang menggunakan semprotan atau obat nyamuk khusus agar nyamuk mati atau pergi dari rumah.

Namun, penggunaan obat nyamuk tersebut bisa menyebabkan asap atau aroma yang kurang nyaman untuk dihirup manusia. Bahkan, dilansir dari blog.nwf.org, produk-produk obat pembasmi nyamuk berisiko menyebabkan iritasi kulit, pusing, mual, atau gangguan kesehatan lainnya jika terhirup secara berlebihan oleh manusia.

Alih-alih menggunakan obat nyamuk yang berbau dan berasap, kamu bisa memanfaatkan sejumlah bahan dapur untuk mengatasi nyamuk yang berkeliaran di rumah. Seorang warganet di akun TikTok @simba_memory sempat membagikan cara membuatnya. Penasaran bagaimana caranya?

"Letakkan di setiap sudut rumah. Nyamuk tidak menyukai bau dari campuran bahan ini," ungkap pemilik akun TikTok @simba_memory, dikutip BrilioFood pada Rabu (25/9).

Bahan yang dibutuhkan untuk bikin obat nyamuk alami ini cuma tiga. Pertama, siapkan dulujeruk nipis. Belah jeruk nipis jadi empat bagian, tapi jangan sampai putus. Kemudian, taburi sela-sela bagian dalam jeruk nipis dengan garam. Pemilik akun TikTok @simba_memory menjelaskan, ia pakai garam kasar.

Cara membuat obat nyamuk alami bebas asap dengan 3 bahan dapur

foto: TikTok/@simba_memory

Satu bahan terakhir yang dibutuhkan untuk bikin obat nyamuk alami, yaitu cengkeh. Siapkan beberapa butir cengkeh, kemudian selipkan di setiap belahan jeruk nipis. Setelah itu, letakkan jeruk nipis yang sudah diberi garam dan cengkeh ke atas wadah atau mangkuk. Obat nyamuk alami pun siap dipakai dan ditaruh di sudut-sudut rumah yang kerap didatangi nyamuk.

Dilansir dari pestline.com.au, kombinasi jeruk nipis, garam, dan cengkeh memiliki aroma kuat yang dibenci oleh nyamuk. Di samping itu, obat nyamuk alami ini juga dapat berfungsi sebagai pengharum dan dekorasi ruangan, lho.

Cara membuat obat nyamuk alami bebas asap dengan 3 bahan dapur

foto: TikTok/@simba_memory

Gimana, sederhana banget kan cara bikin obat nyamuk dari bahan-bahan dapur ini?

@simba_memoryPetua orang dulu-dulu untuk menghalau nyamuk. Jom singgah @Simba Memory @Simba Memory @Simba Memory#tipsandtricks#nyamuk#killmosquito#basminyamuk#fyp Dj Malu-malu Bikin Candu - Martin Tjr

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya