Cara membersihkan babat sapi dalam hitungan menit, putih bersih dan antiamis

Cara membersihkan babat sapi dalam hitungan menit, putih bersih dan antiamis
Instagram/@shally_putri

Brilio.net - Orang Indonesia biasanya menyukai bagian jeroan dari sapiatau kambing. Salah satu bagian jeroan yang paling familiar untuk dimakan adalah babat. Bukan tanpa alasan, orang Indonesia memang pandai dalam membuat hidangan lezat, termasuk mengolah babat. Dinding otot perut sapi ini bisa dimasak menjadi gulai babat, soto babat, tongseng, hingga campuran dalam bakso, nasi goreng, atau nasi gandul.

Meski lezat, namun persiapan untuk memasak babat cukup rumit. Ada perjuangan yang harus dilakukan di balik kenikmatan babat. Pasalnya babat memiliki kotoran yang melekat di dagingnya. Kotoran ini biasanya berwarna hitam keruh sehingga membuat tampilan babat kurang cantik.

Bagian jeroan ini memiliki bau prengus yang menyengat, sehingga jika tidak dibersihkan dengan baik dan benar, bau tersebut bisa menempel dan bakal memengaruhi rasa makanan. Pastinya sangat tidak nyaman mencium bau tidak sedap tersebut dalam makanan.

Untuk membersihkan kotorannya, kamu bisa menggunakan bahan lain seperti kapur sirih. Walau caranya kerap disebut tradisional, namun kapur sirih efektif untuk menghilangkan seluruh kotoran dari babat, lho.

Kapur sirih dikenal memiliki sifat antiseptik yang kuat, tak heran kalau kapur sirih bisa digunakan untuk mengobati luka dan infeksi kulit. Selain berguna untuk tubuh, kapur sirih juga bisa digunakan untuk merontokkan kotoran seperti kotoran yang ada di bagian babat.

Setelah kotorannya berhasil dihilangkan, kamu perlu menyiapkan bahan lain untuk menghempaskan bau yang tak sedap menggunakan lemon. Buah ini memiliki sifat antibakteri yang mampu menekan pertumbuhan bakteri, sehingga bau tak sedap pun bisa hilang.

Cara ini dibagikan oleh wanita satu ini seperti BrilioFood rangkum dari Instagram @shally_putri. Ia memperlihatkan trik membersihkan babat agar putih bersih dan tak bau, cuma dalam hitungan menit.

"Ga perlu pusing, aku punya tips untuk bersihin jeroan babat dengan mudah..," tulisnya.

Cara membersihkan babat sapi dalam hitungan menit, putih bersih dan antiamis

Trik membersihkan babat sapi
© 2024 Instagram/@shally_putri

Pertama, siapkan babat yang akan kamu bersihkan. Kemudian, siapkan wadah seperti baskom untuk merendam babat. Lalu, masukkan babat ke dalam baskom.

Selanjutnya, siram babat dengan air mengalir. Taburi kapur sirih ke setiap permukaan babat sapi. Remas-remas babat sapi dengan tangan agar kapur sirih merata.

Cara membersihkan babat sapi dalam hitungan menit, putih bersih dan antiamis

Trik membersihkan babat sapi
© 2024 Instagram/@shally_putri

Kemudian rendam babat yang telah dicampur dengan kapur sirih. Diamkan selama 30 menit agar kotoran babat bisa rontok dengan cepat. Bila sudah angkat babat dari rendaman air. Kemudian, kucek babat menggunakan tangan agar kotorannya merontok.

Ambil sikat gigi untuk memudahkanmu membersihkan babat sampai ke bagian terkecil. Sikat setiap bagian babat, hingga kotorannya rontok di sisi-sisi paling dalam. Kemudian, bilas babat dengan air mengalir agar semakin bersih.

Cara membersihkan babat sapi dalam hitungan menit, putih bersih dan antiamis

Trik membersihkan babat sapi
© 2024 Instagram/@shally_putri

Setelah itu, siapkan buah lemon yang masih segar. Belah buah lemon menjadi empat bagian. Lalu, peras buah lemon ke babat, dan kucek-kucek kembali dengan tangan agar perasan lemon merata ke seluruh bagian babat.

Perasan buah lemon ini berguna untuk menghilangkan bau amis yang ada di babat, sehingga tidak perlu khawatir jika akan mengurangi rasanya. Dalam hitungan menit, babat menjadi bersih putih dan tentunya bau terhempas seketika.

Trik ini cocok kamu praktekkan saat Idul Adha, Idulfitri, atau momen lainnya ketika kamu sedang memiliki stok babat di rumah.

(brl/psa)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya