Cara goreng tahu agar hasilnya renyah meski tanpa dibaluri tepung, garing di luar lembut di dalam

Cara goreng tahu agar hasilnya renyah meski tanpa dibaluri tepung, garing di luar lembut di dalam
YouTube/KulinerSamaCici - Vinny Laurencia

Brilio.net - Tahu goreng adalah salah satu sajian yang sangat digemari di berbagai belahan dunia, terutama di Indonesia. Cita rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah, menjadikannya sebagai camilan atau lauk favorit. Tahu goreng sering jadi pilihan utama dalam hidangan sehari-hari, karena kepraktisannya dalam proses pembuatan. Selain itu, tahu goreng dapat dikombinasikan dengan berbagai bahan tambahan untuk menciptakan menu yang berbeda.

Dalam proses pembuatan tahu goreng yang renyah, banyak orang memilih untuk menggunakan tepung sebagai salah satu bahan pelapisnya. Tepung berfungsi untuk memberikan tekstur yang lebih garing pada permukaan tahu setelah digoreng. Penggunaan tepung tidak hanya membantu menciptakan lapisan renyah yang menggugah selera, tetapi juga memberikan tambahan rasa saat menikmati tahu goreng.

Namun, berbeda dengan warganet di akun YouTube KulinerSamaCici - Vinny Laurencia. Ia mengaku, sang suami punya trik bikin tahu yang renyah tanpa tambahan tepung atau bahan apa pun. Alhasil, ia memutuskan untuk membagikan trik menggoreng tahu yang renyah tanpa tepung ini lewat sebuah video tutorial. Lantas, penasaran gimana triknya?

"Bingung banget aku biasa pas goreng tahu nggak sekrispi ini, tapi pas suami yang buat jadi krispi banget," ungkapnya, dikutip BrilioFood dari YouTube KulinerSamaCici - Vinny Laurencia pada Kamis (19/9).

Jenis tahu yang dipakai adalah tahu pong. Tahu pong ini bisa dipotong-potong terlebih dahulu dengan ukuran sesuai selera, kecil-kecil atau segitiga saja. Masukkan potongan tahu tersebut ke wajan berisi minyak, lalu nyalakan api kompor kecil saja. Goreng tahu sambil sesekali diaduk selama kurang lebih 30 menit.

Cara goreng tahu agar hasilnya renyah meski tanpa dibaluri tepung, garing di luar lembut di dalam

foto: YouTube/KulinerSamaCici - Vinny Laurencia

Setelah digoreng selama 30 menit, angkat tahu dan tiriskan selama beberapa saat. Tak perlu menunggu lama, goreng kembali tahu di minyak yang sebelumnya dipakai untuk proses penggorengan pertama. Tetapi, kali ini minyaknya harus sudah benar-benar panas dan dimasak menggunakan api yang cukup besar.

Proses penggorengan tahu yang kedua ini hanya membutuhkan waktu 5 menit. Saat tahu sudah matang dan krispi usai digoreng selama 5 menit, langsung angkat dan tiriskan. Tahu goreng ini bisa dihidangkan bersama taburan bumbu favorit masing-masing.

Cara goreng tahu agar hasilnya renyah meski tanpa dibaluri tepung, garing di luar lembut di dalam

foto: YouTube/KulinerSamaCici - Vinny Laurencia

Wah, ternyata tanpa pakai tepung sama sekali, tahu goreng bisa tetap krispi, ya? Menilik kolom komentar di unggahan YouTube KulinerSamaCici - Vinny Laurencia, tak sedikit warganet yang antusias dengan olahan tahu goreng ini, lho. Unggahan ini juga sudah mendapat lebih dari 2 juta viewers.

"Boleh dicoba..," kata YouTube @YayukHermawati.

"Pake bumbu balado enak tuh. Mayan temen nasi," cetus YouTube @benzbennynoz.

"Enackkkk beuttt resepnya," puji YouTube @zaky5093.

(brl/psa)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya