Cara emak-emak bersihkan perhiasan perak yang sudah kusam kinclong lagi, cukup tambah 1 bahan dapur

Cara emak-emak bersihkan perhiasan perak yang sudah kusam kinclong lagi, cukup tambah 1 bahan dapur
TikTok/@daisyjiejie73 ; Unsplash/Atul Vinayak

Brilio.net - Ada banyak jenis perhiasan -selain emas- yang dapat digunakan sehari-hari, salah satu yang jadi favorit yaitu perhiasan perak atau silver. Usai digunakan berkali-kali, perhiasan perak bisa berubah warna jadi kusam. Hal ini bisa terjadi karena perhiasan terpapar debu, daki, atau noda lainnya.

Banyak orang bingung bagaimana cara membersihkannya? Alhasil perhiasan dibiarkan kusam begitu saja. Nah, mulai sekarang, nggak perlu bingung lagi. Kamu bisa mencoba cara bersihkan perhiasanperak yang kusam agar baru kembali, ala emak-emak di akun TikTok @daisyjiejie73.

Wanita ini menjelaskan, perhiasan peraknya yang kusam sukses berubah jadi kinclong lagi mengandalkan tambahan satu bahan dapur. Cara ini juga antiribet, karena kamu cukup merendam perhiasan, tanpa menggosok atau menyikatnya sama sekali.

Dilansir BrilioFood dari TikTok @daisyjiejie73 pada Selasa (18/6), kamu perlu mangkuk untuk meracik cairan pembersihnya. Setelah itu, masukkan garam secukupnya ke dalam mangkuk tersebut. Yup, garam ini jadi bahan dapur inti untuk mempraktikkan cara bersihkan perhiasanperak.

Lalu, campurkan garam dengan beberapa potong kertas aluminium foil, pasta gigi, dan air bersih. Jika semua bahan sudah masuk ke mangkuk, langsung aduk sampai rata.

Cara emak-emak bersihkan perhiasan perak yang sudah kusam kinclong lagi, cukup tambah 1 bahan dapur

foto: TikTok/@daisyjiejie73

Selanjutnya, rendam semua perhiasan perak yang kusam ke dalam racikan bahan pembersih tersebut. Diamkan selama beberapa saat sampai semua noda penyebab perhiasan kusam luntur. Terakhir, tinggal bilas perhiasan dengan air biasa dan keringkan.

Cara emak-emak bersihkan perhiasan perak yang sudah kusam kinclong lagi, cukup tambah 1 bahan dapur

foto: TikTok/@daisyjiejie73

Gimana, hasilnya jadi super kinclong, kan? Kalau kamu tertarik mencobanya, atau punya cara lain buat bersihkan perhiasan perak? Mengintip unggahan TikTok @daisyjiejie73, meski belum terdapat komentar, video ini sudah mendapat banyak antusias hingga lebih dari 1.000 viewers, lho.

Selain menggunakan garam, beberapa bahan dapur lain yang bisa dipakai untuk membersihkan perhiasan perak di antaranya:

1. Pasta gigi.

Pasta gigi dikenal memiliki kegunaan lain, selain untuk membersihkan gigi. Bahan pembersih ini sangat mudah ditemukan dan sudah pasti ada di rumah. Selain itu, cara membersihkan perhiasan perak dengan pasta gigi juga mudah dan murah.

Cukup gosok permukaan perak dengan menggunakan pasta gigi. Kemudian bilas perhiasan perak dengan air hangat. Pastikan jangan terlalu lama menggosok, karena justru menyebabkan kerusakan pada permukaan perak.

2. Deterjen.

Bahan lain yang bisa dipakai untuk membersihkan perhiasan perak adalah sabun deterjen. Deterjen juga nggak kalah ampuh mengembalikan kilau perak. Caranya cukup larutkan deterjen ke dalam air, rendam perhiasan ke air larutan tersebut, kemudian bilas. Perhatikan deterjen yang digunakan, sebab tidak semua dapat dipakai untuk bersihkan perak.

3. Saus tomat.

Kandungan bahan asam yang terdapat di dalam saus tomat ternyata ampuh untuk menghilangkan noda kusam yang hinggap di perhiasan perak. Cara membersihkannya juga terbilang mudah. Pertama-tama, lumuri perhiasan perak yang sudah kusam dengan saus tomat. Kemudian, diamkan sekitar 15-30 menit, sebelum akhirnya digosok dengan menggunakan spons atau sikat gigi.

4. Krim Tartar.

Krim tartar mengandung garam potassium, yang sangat berguna untuk membersihkan perhiasan dari bahan perak. Selain itu kandungan asam di dalamnya disebut efektif untuk membersihkan perak dan membuatnya berkilau. Dalam praktiknya, cara penggunaan krim tartar hanya mencampurnya dengan air. Kemudian oles larutan krim tartar pada perhiasan perak yang sudah mulai kusam. Selanjutnya, gosok dengan lembut menggunakan bantuan spons atau kain.

@daisyjiejie73 Lifestyle tips for cleaning the silver jewelries #lifehacks #tipsandtricks #cleaninghack #fyp #fyp #fypage #fypviral #fypdongggggggg #fyppppppppppppppppppppppp #foryou #foryoupage #foryourpage #masukberanda #masukfyp #xyzbca #random #lifehack #tiktokmalaysia #viral #viralvideo #trending #trendingvideo Good Parts (when the quality is bad but I am) - LE SSERAFIM

(brl/psa)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya