Cara bikin ikan pindang agar dagingnya tak mudah hancur dan antiamis, cukup pakai 1 rempah daun

Cara bikin ikan pindang agar dagingnya tak mudah hancur dan antiamis, cukup pakai 1 rempah daun
foto: Instagram/@rifa_ardiyanti

Ikan pindang dikenal sebagai salah satu olahan ikan yang berasal dari jenis ikan salem atau layang. Biasanya, ikan tersebut akan dimasak dengan rempah-rempah agar teksturnya lembut. Proses pengolahannya melibatkan beberapa tahap, mulai pembersihan, perebusan atau pengukusan dengan garam dan rempah-rempah, hingga pengeringan.

Proses tersebut dinilai bisa memperpanjang masa simpan ikan. Banyak orang menganggap proses pembuatan ikan pindang ini cukup rumit. Oleh sebab itu, sebagian besar orang akan memilih langsung membeli ikan pindang di pasar. Namun biasanya, ikan pindang yang dijual dipasar dibungkus atau diolah dengan kertas koran, sehingga membuat ikan terkontaminasi.

Jika ingin menyantap ikan pindang yang lebih sehat, kamu sebenarnya bisa membuatnya sendiri di rumah, lho. Seorang pengguna Instagram @rifa_ardiyanti pernah membagikan cara membuat ikan pindang yang praktis. Nah, dengan teknik-teknik khusus, tekstur ikan pindang bisa jadi lebih lembut, namun nggak hancur atau amis.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @rifa_ardiyanti pada Sabtu (14/9), dia mengaku menggunakan satu jenis rempah daun untuk membuat ikan pindang, yakni daun salam. Nah, daun salam ini digunakan untuk menghilangkan bau amis saat ikan dimasak. Selain itu, daun salam juga digunakan untuk membungkus ikan, sehingga dagingnya tak mudah menempel dan hancur.

 

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya