Cara bikin buttercream lembut dan nggak bikin eneg, kuncinya gunakan 1 bahan ini

Cara bikin buttercream lembut dan nggak bikin eneg, kuncinya gunakan 1 bahan ini
foto: Instagram/@nichaluthfiah

Brilio.net - Buttercream adalah salah satu elemen utama dalam dekorasi kue yang tidak hanya menambah keindahan tetapi juga cita rasa manis yang khas. Dengan teksturnya yang lembut dan mudah dibentuk, buttercream sering digunakan untuk menghias berbagai jenis kue. Namun, di balik tampilannya yang menggoda, buttercream sering kali dianggap terlalu berat dan membuat eneg saat dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Salah satu alasan buttercream dapat terasa eneg adalah kandungan lemaknya yang tinggi. Terbuat dari campuran mentega dan gula, buttercream memiliki tekstur padat yang dapat meninggalkan rasa berminyak di mulut. Selain itu, jika digunakan dalam lapisan yang tebal atau dalam jumlah yang berlebihan, rasa manis yang intens dari buttercream bisa menjadi terlalu dominan, sehingga membuat orang cepat merasa kenyang dan tidak nyaman.

Untuk mengatasi masalah ini, banyak pembuat kue mencari cara untuk membuat buttercream yang lebih ringan dan seimbang, seperti yang dilakukan pengguna Instagram @nichaluthfiah. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku punya trik tersendiri untuk membuat buttercream yang lembut dan nggak bikin eneg. Usut punya usut, ada satu bahan tambahan yang digunakan untuk menghasilkan buttercream yang enak.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @nichaluthfiah pada Selasa (14/10), bahan yang dimaksud adalah soft cream (whipped cream atau cream cheese). Nah, soft cream ini dapat membuat buttercream menjadi lebih ringan dan lembut. Selain itu, penambahan soft cream dapat membantu menyeimbangkan rasa buttercream yang biasanya sangat manis dan kaya akan mentega.

Cara bikin buttercream lembut dan nggak bikin eneg, kuncinya gunakan 1 bahan ini

foto: Instagram/@nichaluthfiah

Untuk cara buatnya lebih jelas, mixer 500 gram mentega putih terlebih dahulu. Mixer dengan kecepatan tinggi selama 10 menit. Proses ini dilakukan secara bertahap, ya. Jadi setelah 5 menit pertama, aduk mentega putih dengan spatula. Lalu mixer lagi selama 5 menit. Jadi, totalnya 10 menit.

Cara bikin buttercream lembut dan nggak bikin eneg, kuncinya gunakan 1 bahan ini

foto: Instagram/@nichaluthfiah

Selanjutnya, masukkan 150 gram soft cream dan mixer lagi dengan kecepatan tinggi selama 5 menit. Jika sudah, masukkan 1 kaleng susu kental manis (ukuran besar). Jika kurang suka susu, kamu bisa menggantinya dengan simple syrup.

Cara bikin buttercream lembut dan nggak bikin eneg, kuncinya gunakan 1 bahan ini

foto: Instagram/@nichaluthfiah

Lalu masukkan juga 1 sdt vanilla essence. Mixer kembali dengan kecepatan sedang sampai tercampur rata selama 5 menit. Nah, buttercream yang sudah jadi ini bisa diaduk lagi dengan spatula. Lalu buttercream siap digunakan.

"Karna teksturnya ringan dan lembut butter cream ini aku pake juga untuk filling dan dekorasi strawberry shortcake yang pada umumnya pake whip cream," papar pemilik akun Instagram @nichaluthfiah.

Telah ditonton lebih dari 7.000 kali, video tentang trik bikin buttercream ini sontak menuai perhatian warganet. Siapa sangka, banyak pengguna Instagram lain yang turut memberikan tanggapan langsung di kolom komentar. Sebagian besar warganet ini mengaku tertarik untuk mencoba trik tersebut.

"Bisa disimpan berapa lama ya mom? Dan gimana cara penyimpanan yg baik? Pengen buat cuma kalo terlalu banyak takut basi dluan," tanya akun Instagram @albaaab.ar.

"bisa sampai 3 bln kak. Simpan di wadah kedap udara taro di kulkas bawah aja ya kak. Kalo mau dipake cream nya tinggal didiamkan di suhu ruang sampai teksturnya soft lg. Gak perlu di mixer lg ya kak," jawab pengguna Instagram @nichaluthfiah.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya