Cara bersihkan sandal dekil jadi seperti baru pakai 3 bahan dapur, sekali usap noda hitam lenyap

Cara bersihkan sandal dekil jadi seperti baru pakai 3 bahan dapur, sekali usap noda hitam lenyap
foto: Instagram/@farhanbashel

Sandal yang digunakan setiap hari akan cepat kotor dan dekil karena terkena debu, pasir, dan berbagai kotoran lainnya, terutama saat dipakai di luar rumah. Jika tidak dibersihkan secara rutin, noda-noda tersebut akan menumpuk dan semakin sulit dihilangkan. Kotoran yang menempel tidak hanya mengurangi tampilan sandal, tetapi juga bisa menyebabkan sandal menjadi kurang nyaman dipakai.

Ketika noda sudah menumpuk, membersihkan sandal agar kembali kinclong bukanlah tugas yang mudah. Beberapa jenis kotoran, seperti lumpur yang mengering atau debu yang menempel lama, membutuhkan usaha ekstra untuk dibersihkan. Selain itu, penggunaan bahan pembersih yang salah bisa merusak bahan sandal, membuatnya terlihat kusam atau bahkan rusak. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan sandal secara rutin agar tetap terlihat bagus dan nyaman digunakan.

Banyak orang lebih memilih membeli pembersih khusus di e-commerce atau supermarket untuk mengatasi noda pada sandal. Produk-produk ini biasanya dirancang khusus untuk membersihkan kotoran membandel dan mengembalikan tampilan sandal agar kembali seperti baru. Meski efektif, pembersih khusus ini seringkali memerlukan biaya tambahan dan tidak selalu ramah lingkungan.

Padahal, ada beberapa bahan sederhana yang biasanya tersedia di rumah bisa dimanfaatkan untuk membersihkan sandal yang dekil. Misalnya, campuran air dan sabun cuci piring, baking soda, atau cuka dapat menjadi alternatif pembersih yang efektif dan hemat biaya. Dengan sedikit usaha dan bahan-bahan ini, sandal yang kotor dapat kembali bersih tanpa harus membeli produk pembersih khusus.

Seperti yang diperlihatkan pengguna akun Instagram @farhanbashel. Dalam salah satu unggahannya, pemilik akun yang akrab disapa Farhan tersebut menunjukkan cara membersihkan sandal dekilnya hanya mengandalkan bahan-bahan dapur saja. Hasilnya juga sesuai ekspektasi karena bersih maksimal seperti baru lagi.

 

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya