Bukan pakai sitrun, trik cuci karet tutup botol berjamur dan hitam ini ampuh bikin steril

Bukan pakai sitrun, trik cuci karet tutup botol berjamur dan hitam ini ampuh bikin steril
foto: Instagram/@zelinenaila

Karet tutup botol yang berjamur dan menghitam adalah masalah umum yang sering dihadapi dalam penyimpanan botol. Hal ini terjadi ketika botol sering terkena kelembapan atau jarang digunakan. Jamur yang tumbuh pada karet tutup botol tidak hanya membuatnya terlihat kotor, namun juga bisa jadi sumber kontaminasi yang berbahaya bagi minuman yang disimpan di dalam botol.

Padahal jamur pada karet tutup botol dapat berdampak buruk pada kesehatan, terutama jika dibiarkan berkembang biak. Selain mengganggu estetika, jamur ini bisa menghasilkan spora yang dapat mencemari udara di sekitar dan berpotensi menyebabkan alergi atau masalah pernapasan. Bahkan jika botol tersebut berisi minuman, jamur pada tutupnya dapat mempengaruhi kualitas dan rasanya.

Untuk mengatasi masalah ini, penting untuk rutin membersihkan dan mengeringkan tutup botol, serta menyimpannya di tempat yang kering dan terhindar dari kelembapan. Namun jika karet tutup botol telanjur berjamur dan hitam, kamu harus mencucinya hingga benar-benar bersih tuntas. Beruntungnya, seorang pengguna Instagram @zelinenaila pernah membagikan trik cuci karet tutup botol berjamur dan hitam yang ampuh bikin steril.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @zelinenaila pada Kamis (22/8), pengguna Instagram tersebut mengaku hanya menggunakan satu bahan dapur, yakni soda kue atau baking soda. Nah, baking soda ini bisa dengan ampuh menghilangkan jamur sekaligus bakteri yang menempel di karet tutup botol.

 

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya