Bukan langsung dilap tisu, ini cara aman bersihkan telur yang hendak disimpan agar tak terkontaminasi

Bukan langsung dilap tisu, ini cara aman bersihkan telur yang hendak disimpan agar tak terkontaminasi
foto: Instagram/@ammaizza1

Telur menjadi salah satu bahan makanan yang kerap diolah jadi berbagai macam masakan. Tak hanya serbaguna, telur juga memiliki kandungan nutrisi tinggi yang penting bagi kesehatan tubuh. Dilansir dari verywellfit.com, telur mengandung protein, vitamin, dan mineral yang tinggi. Selain itu, kandungan lemak sehat pada kuning telur juga berperan menjaga kesehatan jantung.

Tingginya nutrisi pada telur membuat bahan makanan satu ini kerap disimpan dalam jumlah banyak sebagai stok. Memang telur selalu cocok dipilih sebagai menu sehat yang praktis dibuat. Kamu bahkan bisa langsung menggoreng atau merebusnya saja dengan sedikit garam untuk kemudian mengonsumsinya.

Nah, jika kamu termasuk orang yang sering menyediakan stok telur di dapur, pastikan kamu tahu cara menyimpannya, ya. Pasalnya, telur yang disimpan bisa berpotensi terkontaminasi. Hal ini berasal dari paparan air dan udara di permukaan cangkang telur.

Saat hendak menyimpan telur, banyak orang masih sering mencucinya terlebih dahulu dengan air. Padahal cara ini bisa meningkatkan adanya kontaminasi bakteri yang bikin telur cepat busuk. Di sisi lain, ada juga yang hanya mengelap cangkang telur dengan tisu saat hendak disimpan.

Padahal tahu nggak sih? Sebenarnya ada metode lain yang lebih aman saat hendak membersihkan telur dari kotoran. Trik membersihkan telur ini dibagikan oleh pengguna Instagram @ammaizza1. Melalui salah satu video unggahannya, dia mengaku cara ini lebih aman dibandingkan jika mencuci telur dengan cara langsung dibilas dan digosok.

 

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya