Bukan langsung dikukus atau dibakar, ini trik bikin pepes ayam agar hasilnya tak gampang basi

Bukan langsung dikukus atau dibakar, ini trik bikin pepes ayam agar hasilnya tak gampang basi
foto: TikTok/@anenganingsih

Brilio.net - Pepes jadi salah satu makanan khas Indonesia yang banyak digemari. Umumnya, bahan yang kerap dijadikan pepes adalah ikan. Namun kini, bahan-bahan makanan lainnya juga banyak dikreasikan jadi pepes. Sebut saja seperti pepes jamur, telur, daging, sampai ayam.

Dari sekian banyaknya bahan yang bisa disulap jadi pepes, pepes ayam yang dijadikan pilihan untuk dimasak sendiri di rumah. Ayam yang dibuat jadi pepes pastinya relatif lebih gurih dan wangi dibanding olahan ayam lainnya. Namun, banyak orang ogah masak pepes ayam dalam jumlah banyak karena dianggap cepat basi.

Padahal kalau tahu trik memasaknya, pepes ayam bisa jauh lebih tahan lama, lho. Salah satu pengguna akun TikTok @anenganingsih membagikan trik membuat pepes ayam yang tak gampang basi. Menurutnya, kunciannya ada di teknik memasaknya.

Bukan langsung dikukus atau dibakar, ini trik bikin pepes ayam agar hasilnya tak gampang basi

foto: TikTok/@anenganingsih

Umumnya, daging ayam yang masih segar langsung dicampurkan dengan bumbu halus, kemudian dibungkus dengan daun pisang. Tetapi, berbeda dengan trik masak ala pemilik akun TikTok @anenganingsih.

Dalam unggahannya, ia mengatakan daging ayam dan bumbunya harus diungkep dulu sampai matang. Yup, inilah kunci supaya olahan pepes ayam nggak cepat basi nantinya.

"Ungkep dulu ayamnya selama 30 menit," tegasnya, dikutip BrilioFood dari TikTok @anenganingsih pada Senin (26/8).

Ayam dan bumbu yang sudah matang sebelum diolah jadi pepes akan bertahan lebih lama ketimbang yang masih segar. Usut punya usut, kalau ayam dan bumbu masih segar langsung dibuat jadi pepes, pepes nanti akan cepat bau dan mudah basi.

Bukan langsung dikukus atau dibakar, ini trik bikin pepes ayam agar hasilnya tak gampang basi

foto: TikTok/@anenganingsih

Usai diungkep, baru ayam beserta bumbunya dibungkus sesuai selera menggunakan daun pisang. Jika sudah, pepes tersebut bisa dikukus ataupun dibakar sampai matang sempurna. Pemilik akun TikTok @anenganingsih kali ini memasak pepes ayamnya dengan teknik kukus, karena ingin menyantap pepes khas Sunda.

Gimana, kamu tertarik mencoba trik ini di rumah? Mengintip kolom komentar di unggahan TikTok @anenganingsih, tak sedikit warganet terinspirasi dengan trik ini, lho. Di sisi lain, ada pula yang membagikan trik lain soal memasak pepes ayam biar tak cepat basi.

Saya kalo bikin d ungkep dulu biar bumbu nya g bau," kata TikTok @regita kirani.

Mamah aku jualan pepes, tips biar ga cepet basi bumbu kuningnya di tumis dulu sampe Mateng baru diaduk ke ayam nya," timpal TikTok @Enoki.

"Bun aku klo bikin trs udah matang ko Kya pucet y .pdhl wktu mentahny ledok..knp itu Bun tolong dbls," tanya TikTok @ratnasari.

"Kurang berarti kunyitnya..kalau suka pedes..kunyit sm cabenya diblender warnanya jd cantik,” jawab pemilik akun.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya