Bukan jeruk nipis, trik marinasi ikan ini bikin bebas amis, antilengket, dan tak hancur saat digoreng

Bukan jeruk nipis, trik marinasi ikan ini bikin bebas amis, antilengket, dan tak hancur saat digoreng
foto: Instagram/@jenny.mci8

Ikan selalu bisa diandalkan untuk bahan makanan berbagai macam masakan. Baik ikan air tawar atau ikan air laut memiliki rasa khas yang nikmat. Tak hanya itu enak, ikan juga jadi bahan makanan yang menyehatkan dengan kandungan gizi yang kaya, seperti protein, omega-3, dan berbagai vitamin serta mineral.

Namun untuk mendapatkan hasil masakan yang lezat, ikan perlu diolah dengan baik. Pasalnya, beberapa jenis ikan memiliki bau amis yang cukup menyengat. Oleh sebab itu, butuh sejumlah bahan untuk membuatnya jadi lebih segar dan lebih mudah dimasak.

Salah satu metode mengolah ikan adalah dengan memarinasinya terlebih dahulu menggunakan jeruk nipis. Melumuri ikan dengan jeruk nipis dinilai dapat membuat bau amisnya hilang. Namun tahu nggak sih? Sebenarnya jeruk nipis juga bisa membuat daging ikan lengket dan hancur saat digoreng.

Hal tersebut pernah dipaparkan oleh Jenny Hendrawati, jebolan MasterChef musim ke-8. Chef satu ini mengaku bahwa jeruk nipis bisa merusak tekstur ikan karena jadi terlalu lembek. Saat hal itu terjadi, ikan akan mudah menempel di wajan. Alhasil, dagingnya hancur dan nggak utuh lagi.

Nanti lengket ke wajan, terus daging ikannya jadi ancur bubuk krn sifat lemon asam melunakkan.. kalau lemon di bumbunya gpp misal di sambal atau pesmon + lemon tapi jangan dibikin marinasi pas ikan mentah," terang Jenny dikutip BrilioFood dari Instagram @jenny.mci8 pada Jumat (23/8).

 

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya