Bukan hanya teksturnya kenyal, ini cara praktis membedakan bakso yang mengandung pengawet boraks

Bukan hanya teksturnya kenyal, ini cara praktis membedakan bakso yang mengandung pengawet boraks
foto: freepik.com

Meskipun sudah jelas dilarang oleh otoritas kesehatan, namun penggunaan boraks dalam pembuatan bakso masih menjadi praktik yang mengkhawatirkan di beberapa tempat. Boraks sebenarnya senyawa kimia untuk industri non-pangan. Namun sejumlah produsen sengaja menambahkannya ke dalam adonan bakso untuk menghasilkan tekstur yang lebih kenyal, meningkatkan masa simpan, dan memberikan penampilan yang lebih menarik.

Padahal bakso yang mengandung pengawet boraks ini sangat berbahaya jika dikonsumsi. Boraks dapat terakumulasi dalam tubuh manusia dan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan serius. Efek jangka pendek meliputi mual, muntah, dan diare, sementara efek jangka panjang dapat mencakup kerusakan ginjal, hati, dan sistem saraf pusat.

Dilansir dari webmd.com, boraks juga diketahui memiliki potensi karsinogenik yang dapat meningkatkan risiko kanker. Untuk mencegah dampak kesehatan serius seperti itu, konsumen harus lebih selektif saat hendak mengonsumsi bakso. Pasalnya hingga kini, masih banyak orang yang kebingungan dalam membedakan bakso yang mengandung boraks dan tidak.

Salah satu cara yang paling sering dilakukan adalah dengan mengecek kekenyalannya. Memang salah satu ciri bakso yang mengandung boraks adalah teksturnya yang sangat kenyal. Namun selain tekstur, ada ciri-ciri lain yang wajib diketahui untuk membedakan bakso boraks dan yang tidak. Nah, perbedaan ini pernah dijelaskan oleh seorang pedagang bakso melalui akun YouTube Bongas bakso.

Dilansir BrilioFood pada Selasa (23/7), dia mengaku ada ciri lain yang cukup signifikan untuk membedakan bakso dengan kandungan boraks dan yang tidak. Menurutnya, hal tersebut bisa dideteksi dari bau, rasa, dan tekstur bakso saat dikonsumsi.

 

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya