Bukan diulek beras, ini trik bersihkan cobek baru agar tak cepat jamuran dan bau gunakan 2 bahan dapur

Bukan diulek beras, ini trik bersihkan cobek baru agar tak cepat jamuran dan bau gunakan 2 bahan dapur
TikTok/@rumahmangga1

Semua peralatan dapur yang baru dibeli seharusnya dicuci dulu sebelum digunakan. Contohnya cobek, bisa saja alat tersebut masih menyimpan debu, pasir, ataupun noda lain di permukaannya. Kondisi ini berisiko membuat hidangan jadi tak higienis.

Ada banyak cara membersihkan cobek baru, misalnya dengan beras. Beras bisa digerus menggunakan cobek yang masih baru, selanjutnya cobek baru dicuci dengan air dan sabun. Beras dipercaya bisa mengangkat noda sampai yang ada di pori-pori cobek. Namun, kalau kamu nggak mau membuang beras percuma. Ada satu trik lagi dari pengguna akun TikTok @rumahmangga1, nih.

Usut punya usut, trik ini membutuhkan dua bahan dapur dan yang nggak kalah ampuh dari beras. Bahkan, trik ini juga dapat menjaga cobek dari noda jamur dan bau tak sedap. Pemilik akun TikTok @rumahmangga1 pun menegaskan, trik ini nggak melulu bisa dipraktikkan pada cobek baru, lho. Cobek lamamu juga bisa dibersihkan dengan cara ini agar selalu higienis.

"cobek baru? jangan langsung dipake. sebaiknya dibersihkan dulu dan cara ini bs kamu gunakan utk rawat cobek lama km lho ," tulis pemilik akun.

Penasaran seperti apa cara kerjanya? Berikut BrilioFood  kutip dari TikTok @rumahmangga1, cara membersihkan cobek tanpa menggunakan beras, pada Kamis (11/7).

(brl/psa)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya