Bukan ditambah santan, ini trik mengatasi rendang keasinan pakai 2 bahan dapur

Bukan ditambah santan, ini trik mengatasi rendang keasinan pakai 2 bahan dapur
foto: unsplash.com

Brilio.net - Rendang menjadi salah satu makanan favorit banyak orang. Bahkan, bukan hanya di Indonesia aja, tetapi juga mancanegara. Yap, CNN International pada 2017 sempat menobatkan rendang sebagai “Makanan Terenak di Dunia”.

Rendang memang kaya akan rasa rempah yang membuat orang terkesan untuk mencicipinya lagi. Rasa rempah yang pekat dipadukan dengan daging yang lumer di mulut, dengan samar-samar rasa pedas, siapa sih yang nggak suka rendang?

Saking favoritnya, ada banyak orang yang tertarik untuk mengolah rendang sendiri di rumah. Terlebih, saat ini ada banyak resep rendang yang bertebaran di media sosial. Namun, bukan berarti hasil olahan rendang tersebut sesuai ekspektasi. Beberapa mengaku rendang yang mereka olah itu justru menghasilkan rasa asin yang mengganggu.

Beberapa penyebabnya, biasanya karena mereka memberikan garam yang berlebihan pada olahan rendang. Kedua, mungkin saja karena proses memasak rendang yang terlalu lama atau suhu yang terlalu tinggi sehingga menjadikan rendang terasa asin. Ketiga, takaran bahan-bahan lainnya yang tidak seimbang sehingga rasa rendang yang dihasilkan cenderung asin.

Cara mengatasi rendang yang keasinan.

Sejumlah orang menambahkan santan matang ke dalam olahan rendang yang keasinan. Rasa netral pada santan dianggap mampu menyerap garam yang berlebih pada masakan, sehingga rasa asin pada masakan seperti rendang pun berhasil dihilangkan.

Selain santan, ternyata ada bahan masakan lain yang bisa menyerap rasa asin. Hal ini tentu cocok untuk kamu yang tidak begitu menyukai santan kelapa. Bahan tersebut, tidak lain adalah cabai dan kentang singkong.

Cara ini berhasil dipraktikkan oleh pemilik akun Tiktok @rumahbibo. Lewat, salah satu unggahan videonya, ia memberikan informasi bahwa cabai atau kentang bisa digunakan untuk mengatasi rendang keasinan. Jenis cabai yang ia gunakan adalah cabai keriting dengan jumlah 5 hingga 8 buah. Selain cabai dan kentang atau singkong, ia mengungkapkan gula merah juga bisa digunakan untuk menetralisir rasa asin pada masakan.

Bukan ditambah santan, ini trik mengatasi rendang keasinan pakai 2 bahan dapur

foto: Tiktok/@rumahbibo

Langkah yang bisa kamu lakukan, siapkan rendang yang tengah dimasak dan ingin dihilangkan rasa asinnya. Kemudian, siapkan bahan cabai keriting, beserta kentang atau singkong. Lalu, cuci cabai dan biarkan dalam bentuk utuh.

Kemudian, kupas dan cuci kentang hingga bersih. Lalu, potong kentang sesuai selera, biasanya orang-orang akan membentuk potongan dadu. Kemudian, masukkan ke dalam rendang yang tengah dimasak. Masak rendang, bersama cabai dan kentang sampai empuk dan rasakan perubahan rasa saat kentang menyerap kelebihan garam. Cabai dan kentang diketahui akan menyerap sebagian garam dari rendang.

Lalu, bagaimana jika rendang yang keasinan sudah terlanjur menghitam atau sudah matang? Pemilik akun tersebut membagikan trik jika rendang sudah matang, sebaiknya gunakan bahan lain saja, yaitu ditambah gula merah.

"Tapi kalau udah item banget rendangnya mending kasih gula merah saja," tulisnya dikutip BrilioFood dari TikTok @rumahbibo, Minggu (30/6).

Bukan ditambah santan, ini trik mengatasi rendang keasinan pakai 2 bahan dapur

foto: Tiktok/@rumahbibo

Tetapi, ada kalanya memberikan gula merah yang berlebihan juga akan mengubah rasa rendang yang asin menjadi manis. Seperti yang dirasakan oleh pemilik akun TikTok @queenpisces08, di kolom komentar ia mengaku trik tersebut mampu menghilangkan rasa asin dari rendang yang dimasak, namun rendangnya berubah menjadi terasa manis. Nah, solusinya kamu bisa menambahkan cabai utuh lagi ke dalam masakan rendang.

"Kebanyakan gula merahnya, bisa tambahin cabe utuh lagi mba, hihi," tulis akun TikTok @akunbibo.

Kendati begitu, di kolom komentar, banyak yang mengaku berhasil menghilangkan rasa asin dalam rendang dengan trik tersebut, lho. Selain itu, trik itu juga bisa kamu gunakan saat ingin menghilangkan rasa asin pada masakan lain seperti ayam, dan lainnya.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya