Bukan ditambah kentang atau gula, ini trik mengatasi masakan terlalu asin pakai 1 jenis buah

Bukan ditambah kentang atau gula, ini trik mengatasi masakan terlalu asin pakai 1 jenis buah
Instagram/@melizah21

Brilio.net - Masakan yang terlalu asin termasuk masalah bagi setiap juru masak, baik di dapur rumah maupun restoran. Kelebihan garam dapat merusak keseimbangan rasa dan mengubah hidangan yang seharusnya lezat jadi nggak enak dimakan. Sebuah hidangan favorit pun bisa kehilangan daya tariknya jika kadar garamnya berlebihan. Bukan tanpa sebab, kelebihan garam bisa membuat lidah terasa kering dan nggak nyaman.

Penyebab masakan terlalu asin bisa bermacam-macam, mulai dari kesalahan pengukuran hingga penggunaan bahan-bahan yang sudah mengandung garam tinggi. Terkadang, penambahan garam di akhir proses memasak tanpa mencicipi terlebih dahulu juga bisa menjadi penyebabnya. Faktor lain seperti cairan masakan yang menyusut atau berkurang selama proses memasak dapat membuat konsentrasi rasa asin jadi lebih tinggi.

Untuk mengatasi hal tersebut, sejumlah orang biasanya akan menambahkan bahan-bahan tertentu yang memiliki rasa netral, seperti kentang. Selain itu, ada juga yang menambahkan gula dan air untuk menetralisir rasa asin berlebih pada masakan. Namun tahu nggak sih, gula dan air juga bisa mengubah rasa masakan secara menyeluruh, lho.

Nah, supaya lebih aman, kamu bisa menggunakan trik yang dibagikan pengguna Instagram @melizah21 dalam mengatasi masakan yang terlalu asin. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku tidak menggunakan kentang, gula, atau bahkan air. Namun ada satu buah yang bisa diandalkan untuk mengurangi rasa asin pada masakan.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @melizah21 pada Senin (22/7), buah yang dimaksud adalah timun. Nah, timun ini memiliki rasa netral dan kandungan air cukup tinggi. Oleh sebab itu, buah satu ini cocok digunakan untuk mengatasi masakan yang terlalu asin.

Bukan ditambah kentang atau gula, ini trik mengatasi masakan terlalu asin pakai 1 jenis buah

foto: Instagram/@melizah21

Cara memanfaatkan timun ini cukup mudah. Siapkan sepotong kecil timun terlebih dahulu. Setelah itu, cuci sampai benar-benar bersih. Barulah kemudian langsung masukkan ke dalam masakan yang rasanya terlalu asin.

Bukan ditambah kentang atau gula, ini trik mengatasi masakan terlalu asin pakai 1 jenis buah

foto: Instagram/@melizah21

Selanjutnya, aduk-aduk masakan sebentar dan diamkan selama beberapa saat. Pada dasarnya, timun memiliki rasa yang relatif netral dan segar. Rasa ini dapat membantu menetralisir rasa asin yang berlebihan tanpa menambahkan rasa baru yang dominan.

Jika sudah dimasak selama beberapa menit, matikan api kompor. Lalu cek rasanya. Karena sudah diberi tambahan timun, rasa asin pada masakan akan jauh berkurang. Dengan begitu, kamu bisa menyantap masakan tersebut tanpa khawatir lidah terasa kering atau nggak nyaman karena keasinan.

Bukan ditambah kentang atau gula, ini trik mengatasi masakan terlalu asin pakai 1 jenis buah

foto: Instagram/@melizah21

Ditonton lebih dari 3 juta kali, video yang diunggah pada Jumat (19/7) ini sontak menuai atensi warganet. Menilik kolom komentar, sejumlah pengguna Instagram mengaku baru tahu trik tersebut. Oleh sebab itu, mereka pun hendak mencoba menggunakan timun saat masakan yang dibuat terasa terlalu asin.

"Wah baru tau kalau timun jg bisa selama ini pake kentang aja," papar Instagram @shakha.homey.

"Kalau ikan kuah biasa aku tambahin air jeruk nipis. Aku baru tau kalau bisa pake timun," sahut Instagram @ochaaprilia23.

"Kalo aku pake tips setelah matang tutup aja dulu sekitar 10 menit insyaallah rasanya pas. Ini tips diajarin emak sama bibiku kalo masakan asin," komentar akun Instagram @genuine_phj.

"aduh masak apa itu enak banget kayaknya, tipsnya boleh juga umm soalnya aku tim yg suka masak keasinan," tulis akun Instagram @rumahummii.

"Bisa nyerep ke timunnya," kata Instagram @fastabiqul_khairat148.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya