Bukan diremas garam, begini trik ampuh menghilangkan pahit pada pare cuma pakai 3 bahan dapur

Bukan diremas garam, begini trik ampuh menghilangkan pahit pada pare cuma pakai 3 bahan dapur
Instagram/@rumah3petak

Brilio.net - Banyak orang gemar mengonsumsi pare karena memiliki rasa pahit yang khas. Rasa pahit pada pare disebabkan oleh senyawa alami yang disebut momordicin dan cucurbitacin. Senyawa-senyawa ini bukan hanya memberikan rasa khas, tetapi juga memiliki sifat farmakologis yang kuat. Senyawa momordicin memiliki efek antidiabetes dan antiinflamasi, sementara cucurbitacin memiliki potensi sebagai agen antikanker.

Kehadiran senyawa-senyawa ini menjadikan pare bukan hanya sekadar sayuran biasa, tetapi juga bahan alami dengan banyak manfaat kesehatan. Nggak heran jika kemudian banyak orang mengonsumsi pare untuk mendapat manfaat tersebut. Walaupun begitu, tidak sedikit juga yang kurang suka dengan rasa pahit pada pare, sehingga enggan mengonsumsi sayuran tersebut.

Padahal tahu nggak sih, rasa pahit pada pare bisa dikurangi atau bahkan dihilangkan. Salah satu cara paling umum yang kerap digunakan adalah dengan meremas pare bersama garam. Usut punya usut, garam bisa melunturkan senyawa penyebab rasa pahit pada pare.

Namun selain diremas menggunakan garam, ada metode lain yang nggak kalah ampuh untuk menghilangkan rasa pahit pada pare. Metode ini pernah digunakan oleh pemilik akun Instagram @rumah3petak. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku mengandalkan tiga bahan dapur saat hendak mengolah pare.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya