Bukan direbus banyak air, ini trik ungkep ayam agar dagingnya tak menyusut, antialot, dan lebih lembut

Bukan direbus banyak air, ini trik ungkep ayam agar dagingnya tak menyusut, antialot, dan lebih lembut
foto: Instagram/@masayudaily

Mengungkep termasuk salah satu metode pengolahan ayam yang kerap dilakukan untuk berbagai macam masakan. Biasanya ayam yang diungkep akan digoreng atau dibakar untuk mendapatkan tekstur yang diinginkan. Nah, mengungkep ayam sendiri bertujuan untuk membuat daging ayam matang, empuk, dan gurih karena bumbu meresap sempurna.

Pada umumnya, metode ini dilakukan dengan cara merebus daging ayam dalam air yang cukup banyak. Lantas bumbu dan daging ayam yang dipakai akan dimasukkan ke dalam air rebusan tersebut. Dengan begitu, daging ayam bisa matang dan bumbu meresap sempurna.

Namun perlu diketahui bahwa mengungkep ayam dengan metode tersebut juga memiliki risiko. Dalam beberapa kasus, ayam yang direbus di air yang banyak justru membuat dagingnya mudah menyusut dan berakhir kering saat diolah lagi. Kondisi seperti ini tentu membuat daging ayam terasa alot saat dikonsumsi.

Lantas untuk menghindari hal tersebut, ada trik lain yang bisa dilakukan untuk mengungkep ayam. Trik ini dibagikan oleh pengguna Instagram @masayudaily melalui salah satu video unggahannya. Dalam videonya, ia mengaku teknik yang dilakukannya ini membuat daging ayam jadi lebih empuk, lembut, dan tak menyusut, lho.

Unggahan tentang trik ungkep ayam ini telah ditonton lebih dari 30 ribu kali di Instagram. Nggak heran jika kemudian ada banyak pengguna Instagram lain yang tertarik dan turut memberikan tanggapan langsung di kolom komentar. Sebagian besar warganet ini mengungkapkan terima kasih karena mendapat ilmu baru yang bermanfaat.

"Simpel bgt masake, fix sesok nyoba," komentar akun Instagram @dewisynt.

"Wahh makasih tipsnya mbaaa," tulis akun Instagram @dianssihite.

"KLO mau masak empuk ayamnya mbak,di masak di panci pake bumbu desaku marinasi dengan air sedikit aja Karna ayamnya dah banyak air ntar lalu masak dengan api lilin aja n harus tetep di tutup ya biar empuk masak hingga air susut,ntar bisa bakar teflon aja," sahut Instagram @sbebk84.

 

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya