Bukan diberi tepung, ini trik merebus mi agar teksturnya kenyal dan tidak lembek

Bukan diberi tepung, ini trik merebus mi agar teksturnya kenyal dan tidak lembek
Instagram/@ummubalqishaura

Brilio.net - Mi adalah salah satu bahan makanan yang digemari orang karena bisa dimasak dengan aneka bumbu jadi banyak menu. Bahan makanan satu ini bahkan bisa diolah dengan cepat menggunakan bumbu-bumbu sederhana. Selain rasanya enak, mi juga bisa jadi pengganti nasi yang mengenyangkan.

Sayangnya, ada salah satu tantangan saat hendak memasak mi, yakni teksturnya yang mudah lembek. Padahal bagi beberapa orang, mi yang enak memiliki tekstur kenyal. Selain lebih lezat dikonsumsi, mi yang kenyal juga cenderung tahan lama saat disimpan.

Lantas, supaya hasil mi bisa kenyal dan nggak lembek, sejumlah orang biasanya akan menambahkan tepung. Jadi, tepung ini akan dimasukkan ke air rebusan bersamaan dengan merebus mi. Penambahan tepung dinilai bisa menyerap kelembapan berlebih pada mi, sehingga teksturnya juga akan lebih kenyal.

Namun perlu diketahui bahwa tepung juga memberikan dampak lain. Aroma dan rasa mi yang direbus dengan tepung cenderung berubah karena ada residu yang tertinggal. Selain itu, mi juga bisa jadi lengket saat ditiriskan.

Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan trik merebus mi seperti yang digunakan warganet pemilik akun Instagram @ummubalqishaura. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku menggunakan bahan lain yang tak kalah ampuh untuk menjaga tekstur mi tetap kenyal. Nah, bahan ini tidak memengaruhi rasa asli dari mi, lho.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @ummubalqishaura pada Kamis (5/9), bahan dapur yang dimaksud adalah es batu. Lebih jelasnya, es batu ini akan dicampur dengan air dan dipakai untuk merendam mi. Nah, proses perendaman ini dilakukan setelah mi direbus hingga matang.

Bukan diberi tepung, ini trik merebus mi agar teksturnya kenyal dan tidak lembek

foto: Instagram/@ummubalqishaura

Untuk caranya lebih lanjut, kamu bisa merebus mi seperti biasa terlebih dahulu. Pastikan tekstur mi yang direbus tidak terlalu matang atau bahkan sampai lembek, ya. Setelah direbus, langsung angkat dan tiriskan mi tersebut.

Bukan diberi tepung, ini trik merebus mi agar teksturnya kenyal dan tidak lembek

foto: Instagram/@ummubalqishaura

Selanjutnya, masukkan mi ke dalam baskom berisi air dan es batu. Nah, rendam mi dalam air es ini selama beberapa menit. Perubahan suhu drastis akan membuat mi jadi tetap kenyal dan bahkan nggak mudah putus, lho.

Bukan diberi tepung, ini trik merebus mi agar teksturnya kenyal dan tidak lembek

foto: Instagram/@ummubalqishaura

Dalam unggahan tersebut, pemilik akun Instagram @ummubalqishaura menjelaskan lebih lanjut tentang fungsi merendam mi dalam air es. Selain bikin teksturnya tetap kenyal, mi juga cenderung nggak mudah lembek. Selain itu, air es juga membantu menghilangkan sisa pati yang bisa membuat mi berubah rasa.

Sejak diunggah pada Minggu (1/8), video tentang trik merebus mi ini telah ditonton lebih dari 134 ribu kali. Nggak heran jika kemudian ada banyak pengguna Instagram lain yang turut memberikan tanggapan di kolom komentar. Sebagian besar warganet ini mengaku hendak mencoba trik tersebut secara langsung

"Makasih tips nya mba ummi," sahut Instagram @dina_rafasya.

"Ntar cobain juga ah masak mie begini," kata Instagram @rumahummuayri.

"MasyaAllah baru tau mba," tulis akun Instagram @aryanach_.

"Sama dengan proses membuat baso ya umm, nice tips um," komentar Instagram @yuliaroza78.

"Pen cobaa suka mie kenyel2," papar Instagram @danirapalace.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya