Bukan cuma kopi, 5 minuman ini dapat tingkatkan fungsi otak di pagi hari

Bukan cuma kopi, 5 minuman ini dapat tingkatkan fungsi otak di pagi hari
Headline: freepik.com

Brilio.net - Minuman kopi sangat digemari semua kalangan. Kopi juga seringkali dikonsumsi saat pagi hari. Kebiasaan seperti ini ada baiknya, lho. Minum kopi bisa memberikan efek yang positif bagi tubuh, salah satunya adalah meningkatkan fungsi otak. Melansir dari pubmed.ncbi.nlm.nih.gov menyatakan bahwa kopi dapat meningkatkan kewaspadaan, membantu konsentrasi, memperbaiki suasana hati, dan membatasi depresi. Jika dikonsumsi secara berkepanjangan, kopi dapat mencegah penurunan kognitif, dan penurunan risiko terkena stroke, penyakit Parkinson, dan penyakit Alzheimer.

Namun, perlu kamu ketahui bahwa kopi juga bisa menimbulkan berbagai efek samping. Efek samping yang ditimbulkan seperti dapat mengganggu jam tidur atau sulit tidur, meningkatkan kecemasan. Namun hal tersebut terjadi kepada segelintir orang yang sensitif terhadap kopi. Pada kasus lain seperti memiliki penyakit yang tidak bisa meminum kopi seperti glaukoma, penyakit jantung, dan anxiety atau serangan panik disarankan untuk menghindari minuman kopi.

Oleh karena itu, jika kamu tidak bisa mengonsumsi kopi terlalu sering atau bahkan tidak bisa mengonsumsi kopi kamu juga bisa menggantikan minuman ini. Adapun minuman yang bisa menggantikan kopi untuk meningkatkan kinerja dan fungsi otak yang telah dirangkum oleh brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (16/7).

5 Minuman yang tingkatkan fungsi otak di pagi hari

Minuman dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan fungsi otak. Beberapa jenis minuman menunjukkan potensi untuk memberikan manfaat kognitif yang signifikan. Kopi merupakan salah satu minuman yang dapat meningkatkan fungsi otak. Namun bukan itu saja, terdapat minuman pengganti lainnya yang bisa kamu coba. Adapun minuman yang bisa meningkatkan fungsi otak sebagai berikut:

1. Smoothie beri

Bukan cuma kopi, 5 minuman ini dapat tingkatkan fungsi otak di pagi hari

foto: freepik.com

Dilansir dari RealSimple.com, minuman yang terbuat dari buah beri seperti stroberi, bluberi, raspberi, blackberry, dan acai berry, dapat membantu menjaga kesehatan otak jangka panjang sekaligus mencegah kehilangan memori saat bertambah usia, lho. Hal ini dikarenakan buah beri yang kaya akan antioksidan sehingga melindungi sel dari kerusakan.

Bukan hanya itu saja, buah beri juga bisa mengubah cara neuron yang ada di dalam otak untuk berkomunikasi. Selain itu, melansir en.vinmec.com, buah beri juga memiliki sumber fitokimia yang baik bagi antosianin. Antosianin berfungsi untuk mendukung daya ingat yang lebih sehat.

2. Teh hijau

Bukan cuma kopi, 5 minuman ini dapat tingkatkan fungsi otak di pagi hari

foto: freepik.com

Selain kopi, minuman yang bisa meningkatkan kognitif otak adalah teh hijau. Teh hijau mengandung kafein dalam jumlah yang lebih rendah dibandingkan kopi. Maka tak heran, jika kopi menjadi salah satu alternatif untuk minuman di pagi hari. Teh hijau juga memiliki kandungan asam amino L-Theanine. L-Theanine dapat mengurangi kecemasan dan meningkatkan produksi dopamin. Dengan rutin mengonsumsi teh hijau di pagi hari dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan juga mengurangi beberapa kegelisahan.

3. Air lemon

Bukan cuma kopi, 5 minuman ini dapat tingkatkan fungsi otak di pagi hari

foto: freepik.com

Melansir dari en.vinmec.com, air dapat membentuk 75 persen massa otak untuk bertindak sebagai peredam kejut yang alami. Untuk itu, kamu juga bisa menambahkan perasan lemon ke segelas air untuk menutrisi minuman. Bukan tanpa alasan, lemon mengandung kadar kalium yang tinggi sehingga menyuplai oksigen untuk mencapai otak. Dengan begitu, performa otak akan meningkat. Selain itu, lemon juga mengandung fitonutrien yang bisa membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan.

4. Jus buah bit

Bukan cuma kopi, 5 minuman ini dapat tingkatkan fungsi otak di pagi hari

foto: freepik.com

Jus buah bit mengandung banyak sekali antioksidan yang membantu melawan radikal bebas berbahaya di dalam tubuh. Buah ini juga dikenal dengan nama beetroot yang mengandung nitrat yang mampu mengurangi tekanan darah yang tinggi yang bisa menurunkan faktor stroke dan demensia.

Kandungan nitrat juga bisa membantu melebarkan pembuluh darah yang bisa meningkatkan aliran darah ke otak yang berfungsi dalam meningkatkan fungsi mental dan kognitif.

5. Cokelat panas

Bukan cuma kopi, 5 minuman ini dapat tingkatkan fungsi otak di pagi hari

foto: freepik.com

Cokelat panas juga bisa meningkatkan kognitif otak, lho. Cokelat panas dibuat dari biji kakao mentah yang kaya akan flavonoid yang dapat membantu menjaga dan meningkatkan fungsi kognitif mulai dari memori hingga perhatian dan pembelajaran. Kamu bisa menyajikannya dengan mencampurkan dengan air panas, madu, dan rempah-rempah seperti kayu manis. Kayu manis mengandung antioksidan dan sifat anti inflamasi sehingga baik untuk otak.

(brl/far)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya