Bikin tercengang, rutin minum sari dari 1 jenis bunga ini bikin kolesterol turun tanpa efek samping

Bikin tercengang, rutin minum sari dari 1 jenis bunga ini bikin kolesterol turun tanpa efek samping
Pexels/cottonbro studio

Brilio.net - Ada banyak bahan makanan yang dapat dikonsumsi sehari-hari untuk menjaga kesehatan. Misalnya saat tubuh memiliki terlalu banyak kolesterol jahat, sebaiknya kamu mengonsumsi bahan alami yang dapat bekerja untuk menurunkannya. Contohnya, kamu bisa mengonsumsi minumandari sari bunga.

Banyak yang belum tahu, ada satu jenis bunga bisa dikonsumsi untuk mendukung upaya menurunkan kolesterol, yakni melati. Hal ini dijelaskan pula oleh seorang dokter yang juga aktif menjadi kreator konten di YouTube Dokter Fery TV.

Menurut Fery, bunga melati mengandung dua zat antioksidan bernama antikoagulan dan antifibrinalitik. Nah, kedua antioksidan ini bukan hanya bisa menurunkan kolesterol, tetapi juga menjaga jantung agar tetap bekerja secara normal, lho.

"Mencegah pembentukan gumpalan atau plak di pembuluh darah jantung," tegasnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Dokter Fery TV pada Rabu (24/7).

Bikin tercengang, rutin minum sari dari 1 jenis bunga ini bikin kolesterol turun tanpa efek samping

foto: YouTube/Dokter Fery TV

Dilansir dari healthline.com, penelitian menunjukkan konsumsi bunga melati untuk menurunkan kolesterol dengan keberhasilan 68 persen. Namun, penelitian ini masih terbatas pada hamster atau kelinci percobaan, sehingga masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut pada manusia.

Selain untuk kolesterol, bunga melati juga memiliki manfaat kesehatan lain baik untuk kulit, otak, sampai sel-sel tubuh.

Bikin tercengang, rutin minum sari dari 1 jenis bunga ini bikin kolesterol turun tanpa efek samping

foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Pemilik akun YouTube Dokter Fery TV juga menjelaskan cara mengonsumsi bunga melati agar khasiatnya bisa diserap tubuh. Jadi, bunga melati tersebut bisa diolah jadi minuman untuk dikonsumsi sehari-hari.

Cara membuat bunga melati jadi minuman, yakni rebus 15 kelopak melati dengan 3 gelas air. Tambahkan juga sedikit garam, lalu rebus sampai airnya menguap dan menyisakan 2 gelas air saja. Tunggu sampai hangat, saring, lalu minuman bunga melati siap dikonsumsi.

"Minum 2 kali sehari," imbuh Fery.

Dilansir dari eatingwell.com, mengonsumsi rebusan bunga melati juga tak memberikan efek samping, asalkan porsinya tak berlebihan. Jika dikonsumsi berlebihan, minuman ini berisiko menyebabkan gangguan pencernaan, alergi, atau permasalahan lainnya.

Mengintip unggahan YouTube Dokter Fery TV yang sudah ditonton 22 ribu kali, tak sedikit warganet meninggalkan komentar antusias seputar mengonsumsi bunga melati ini, lho.

"Di makan mentah juga enak manis," tutur YouTube @user-dh7gf6oo6w.

"Dokter bagaimana cara mengolahnya bunga melati ,, di jus kah atau di rebus dokter," tanya YouTube @MuhammadFaisal-qb7bf dan dijawab oleh pemilik video, "kamu dapat membuatnya menjadi teh bunga melati."

"Apakah sama bunga melati yang biasa ada di taman dg bunga melati untuk teh ?" sebut YouTube @nauraalmahira6013, lalu dibalas, "umumnya sama."

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya